Setelah 30 Hari, Teleskop James Webb Tiba di Orbit Sejauh 1,5 Juta Kilometer

Selasa, 25 Januari 2022 - 14:01 WIB
loading...
Setelah 30 Hari, Teleskop James Webb Tiba di Orbit Sejauh 1,5 Juta Kilometer
Teleskop Luar Angkasa James Webb telah memulai manuver MCC2-nya, sebuah penyisipan terbakar ke orbit di sekitar L2 pada 24 Januari 2022. Foto/NASA/Space
Setelah menempuh perjalanan hampir 1,5 juta kilometer, Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA mencapai orbitnya, di titik Lagrange matahari-Bumi kedua atau L2, pada 24 Januari 2022. Observatorium paling kuat yang pernah diluncurkan ke luar angkasa ini, lepas landas dari Bumi pada 25 Desember 2021.

Sejak sukses lepas landas, teleskop senilai USD10 miliar ini langsung menyusun strukturnya yang rumit dan mengaktifkan berbagai sistem yang kompleks. Setelah 30 hari peluncuran (dan mengalami penundaan satu hari), Teleskop Webb tiba di Langrange 2 atau L2, ini adalah titik yang stabil secara gravitasi di ruang angkasa.

"Webb, selamat datang di rumah!" tulis Administrator NASA Bill Nelson dalam posting blog agensi. "Selamat kepada tim atas semua kerja keras mereka memastikan kedatangan Webb dengan selamat di L2 hari ini. Kami selangkah lebih dekat untuk mengungkap misteri alam semesta. Dan saya tidak sabar untuk melihat pandangan baru pertama Webb tentang alam semesta musim panas ini!"

(Baca juga; Teleskop James Webb Segera Tiba di Titik Orbit Langrange 2 )



Teleskop James Webb telah menghabiskan 30 hari terakhir dengan perlahan dan hati-hati membuka tabir surya dan bagian vital lainnya. Pada hari Kamis (19 Januari 2022), misalnya, teleskop selesai menyebarkan 18 segmen heksagonal yang membentuk cermin utama emas yang mulia.

Begitu tiba di dekat orbit L2, Teleskop James Webb memulai apa yang disebut mid-course correction burn (MCC2), yang merupakan insertion burn, sebuah manuver yang melihat ruang lingkup menembakkan pendorong kecilnya untuk masuk ke orbit di sekitar L2. Pembakaran berlangsung sekitar lima menit (297 detik) dan dimulai sekitar pukul 2 siang.

Manuver ini dilakukan untuk keselamatan misi karena roket Ariane 5 yang meluncurkan Teleskop James Webb ke luar angkasa tidak mengirimkannya langsung ke orbit L2. Setelah mengorbit L2, Teleskop James Webb akan mulai mendingin dan menyalakan empat instrumen ilmiahnya.
Setelah 30 Hari, Teleskop James Webb Tiba di Orbit Sejauh 1,5 Juta Kilometer


Masih perlu waktu berminggu-minggu agar pendinginan ini selesai dan Webb mencapai suhu yang stabil. Setelah cooldown ini, Teleskop James Webb akan menghabiskan waktu sekitar lima bulan untuk menyelaraskan dan mengkalibrasi optik dan instrumen ilmiahnya dengan sempurna.

(Baca juga; Lewati 178 Proses Mekanis Rumit, Cermin Raksasa Teleskop James Webb Terbuka Sempurna )

Teleskop James Webb diperkirakan dapat beroperasi hanya selama 5 hingga 10 tahun di luar angkasa karena pasokan propelan yang terbatas. Diketahui bahwa observatorium tersebut tidak dilengkapi perangkat untuk isi ulang bahan bakar.



“Namun, setelah peluncuran, tim misi sekarang mengharapkan bahwa Teleskop James Webb akan secara signifikan selama lebih dari 10 tahun memberikan kontribusi bagi sains," tulis pejabat NASA dalam pernyataan pasca-peluncuran.
(wib)
preload video
KOMENTAR ANDA