Selasa, 25 Januari 2022 - 18:57 WIB
Arabia Terra, Dijuluki Tempat Terindah di Mars
Wilayah Arabia Terra yang berada di Utara Planet Mars dijuluki tempat terindah oleh para ilmuwan NASA dan Universitas Arizona. Foto/NASA/Autoevolution
WILAYAH Arabia Terra yang berada di Utara Planet Mars dijuluki tempat terindah oleh para ilmuwan NASA dan Universitas Arizona. Arabia Terra adalah daerah favorit NASA untuk dipelajari karena memiliki "Lapisan Indah".

Ungkapan "lapisan yang indah" digunakan para ilmuwan dari NASA dan Universitas Arizona untuk menggambarkan fitur Mars yang direkam kamera HiRISE. Kamera yang mengorbit Planet Merah ini, telah mengamati sebagian besar wilayah Arabia Terra yang sangat berkawah.

Wilayah ini seperti sebagian besar permukaan Mars, tetapi juga sangat terkikis, dan memperlihatkan banyak lapisan kerak planet. Di Arabia Terra, lapisan-lapisan ini memiliki "keragaman dan keindahan" yang luas. "Salah satu wilayah favorit kami untuk diabadikan," keterangan NASA dikutip SINDOnews dari laman autoevolution, Selasa (25/1/2022).

(Baca juga; Disembunyikan NASA, Pakar UFO Temukan Bukti Ada Pangkalan Alien di Mars )

Foto utama bagian ini menunjukkan beberapa lapisan yang indah, seperti yang terlihat oleh kamera HiRISE pada Agustus 2020 dari ketinggian 271 km (168 km). "Produk-produk ini dapat membantu kami mengukur ketebalan endapan," kata NASA.
Arabia Terra, Dijuluki Tempat Terindah di Mars

Lapisan tersebut mungkin terbentuk oleh air tanah yang naik untuk menyimpan mineral dan menyemen sedimen. Hingga saat ini, kamera HiRISE mengirim kembali puluhan ribu gambar Mars, tetapi para ilmuwan masih belum memahami Mars secara detail.

(Baca juga; Tak Ada Tanda Kehidupan di Mars, Meskipun Memiliki Air dan Molekul Organik )