4 Hari Berturut-Turut, SpaceX Kembali Tunda Peluncuran Satelit Italia

Senin, 31 Januari 2022 - 09:56 WIB
loading...
4 Hari Berturut-Turut, SpaceX Kembali Tunda Peluncuran Satelit Italia
SpaceX harus menunda kembali peluncuran satelit pengamatan Bumi milik Italia dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral Florida pada hari Minggu 30 Januari 2022 pukul 6:11 waktu setempat. Foto/Space.com
A A A
FLORIDA - SpaceX harus menunda kembali peluncuran satelit pengamatan Bumi milik Italia dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral Florida pada hari Minggu 30 Januari 2022 pukul 6:11 waktu setempat. Ini adalah hari keempat berturut-turut SpaceX terhalang untuk meluncurkan satelit Cosmo-SkyMed Second Generation FM2 (CSG-2).

Penundaan dilakukan ada sebuah bagian kapal berkeliaran ke "zona larangan pergi" di Cape Canaveral. Kapal tidak dapat dipindahkan tepat waktu hingga Falcon 9 menabrak jendelanya.

"Kendaraan masih sehat; muatannya sehat," kata manajer produksi SpaceX Jessie Anderson selama webcast upaya peluncuran hari ini dikutip SINDOnews dari laman space.com, Senin (31/1/2022).

Peluncuran berikutnya direncanakan Senin 31 Januari 2022 pukul 18:11 waktu setempat. Peluncuran disiarkan, mencakup pendaratan tahap pertama Falcon 9 di Cape Canaveral tak lama setelah lepas landas.

Kali ini adalah hari keempat berturut-turut SpaceX harus mundur dari upaya peluncuran CSG-2. Tiga penundaan sebelumnya akibat cuaca buruk.



Program Generasi Kedua Cosmo-SkyMed adalah kolaborasi antara Badan Antariksa Italia, Kementerian Pertahanan Italia, dan Kementerian Pendidikan, Universitas, dan Riset Ilmiah Italia. Jaringan ini terdiri dari dua satelit, yang mempelajari planet Bumi menggunakan radar aperture sintetis (SAR).

Pesawat CSG pertama diluncurkan pada Desember 2019, naik ke orbit dari Guyana Prancis di atas roket Arianespace Soyuz. Satelit itu mengitari Bumi di atas kutub pada ketinggian 620 kilometer, orbit yang sama yang akan dituju CSG-2.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)