SpaceX Sukses Luncurkan Satelit Mata-Mata Rahasia Militer AS

Kamis, 03 Februari 2022 - 08:13 WIB
loading...
SpaceX Sukses Luncurkan Satelit Mata-Mata Rahasia Militer AS
paceX sukses mengirim satelit mata-mata rahasia militer Amerika Serikat (AS) ke orbit dari Vandenberg Space Force Base di California pada Rabu 2 Februari 2022 pukul 15:27 waktu setempat. Foto/SpaceX/Spacedotcom
A A A
CALIFORNIA - SpaceX sukses mengirim satelit mata-mata rahasia militer Amerika Serikat (AS) ke orbit dari Vandenberg Space Force Base di California pada Rabu 2 Februari 2022 pukul 15:27 waktu setempat. Roket Falcon 9 dua tahap membawa muatan NROL-87 milik National Reconnaissance Office (NRO).

Seperti kebanyakan pesawat ruang angkasa NRO, tidak dijelaskan apa yang akan dilakukan satelit mata-mata di orbit; aktivitas dan klasifikasi instrumennya. NRO selama ini mengoperasikan armada satelit mata-mata AS. Dan, atas permintaan NRO, SpaceX mengakhiri webcast peluncuran tepat setelah tahap pertama mendarat.

Dikutip SINDOnews dari laman Spacedotcom, Kamis (3/2/2022), sekitar delapan menit setelah peluncuran, tahap pertama roket Falcon 9 kembali ke Bumi untuk pendaratan tepat di Zona Pendaratan Vandenberg 4. Sementara itu, tahap atas roket Falcon 9 terus membawa NROL-87 ke orbit.



Roket Falcon 9 menempatkan muatannya ke orbit kutub utara-selatan sekitar 512 kilometer di atas Bumi, dengan kemiringan 97,4 derajat ke khatulistiwa. Tetapi hanya sedikit informasi yang diketahui publik tentang satelit yang diluncurkan roket Falcon 9 SpaceX ke orbit dari Vandenberg.

“Sayangnya, saya tidak dapat memberikan rincian apa pun (secara publik). Saya tidak dapat secara akurat mengomunikasikan jenis kemampuan yang akan diberikan di orbit,” kata Kolonel Chad Davis, Direktur Kantor Peluncuran Luar Angkasa NRO dikutip SINDOnews dari laman spaceflightnow.

Peluncuran NROL-87 dilakukan hanya dua hari setelah SpaceX mengirimkan satelit pengamatan Bumi CSG-2 Italia ke orbit dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral Florida. Dan SpaceX berencana untuk meluncurkan 49 satelit internet Starlink pada Kamis 3 Februari 2022 dari Kennedy Space Center NASA, yang juga berada di Space Coast Florida.



Peluncuran hari ini adalah yang kelima SpaceX pada tahun 2022. Misi tersebut menandai peluncuran orbital ke-143 perusahaan secara keseluruhan dan pendaratan booster ke-105. SpaceX biasanya menggunakan kembali tahap pertama roket Falcon 9, serta roket Falcon Heavy-nya, sebagai cara untuk mengurangi biaya peluncuran dan meningkatkan produktivitas.

Namun tahap pertama yang membantu peluncuran NROL-87 belum pernah dilakukan sebelumnya, status barunya ditunjukkan oleh lapisan cat putihnya yang bersih dan tidak bercacat. NROL-87 adalah peluncuran pertama NRO tahun ini dan yang pertama dengan SpaceX di bawah kontrak Peluncuran Luar Angkasa Keamanan Nasional senilai USD316 juta yang ditandatangani pada tahun 2020.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)