SpaceX Bakal Luncurkan Satelit Mata-mata Rahasia dari California

Rabu, 02 Februari 2022 - 10:55 WIB
loading...
SpaceX Bakal Luncurkan Satelit Mata-mata Rahasia dari California
Roket SpaceX Falcon 9 kembali meluncurkan satelit mata-mata rahasia setinggi 70 meter milik National Reconnaissance Office. Foto/spaceflightnow
A A A
FLORIDA - Roket SpaceX Falcon 9 kembali meluncurkan satelit mata-mata rahasia setinggi 70 meter milik National Reconnaissance Office. Peluncuran dilaksanakan dari Space Launch Complex 4-East di Vandenberg Space Force Base, Central Coast California, Amerika Serkat (AS), pada Rabu 2 Februari 2022 pukul 12.18 malam waktu setempat.

Peluncuran menggunakan booster baru yang akan mendarat kembali di dekat lokasi peluncuran untuk digunakan kembali pada misi keamanan nasional lainnya, menandai peluncuran kelima SpaceX tahun ini. Misi untuk badan satelit mata-mata pemerintah AS akan bertujuan menempatkan ke orbit kutub utara-selatan sekitar 318 mil (512 kilometer) di atas Bumi.

Namun, hanya ada sedikit informasi yang diketahui publik tentang pesawat ruang angkasa yang akan mengendarai roket Falcon 9 SpaceX ke orbit dari Vandenberg. “Sayangnya, saya tidak dapat memberikan rincian apa pun (secara publik),” kata Kolonel Chad Davis, Direktur Kantor Peluncuran Luar Angkasa NRO dikutip SINDOnews dari laman spaceflightnow, Rabu (2/2/2022).

Baca juga; Setelah 4 Kali Ditunda, SpaceX Falcon 9 Sukses Luncurkan Satelit Cuaca Milik Italia

NRO mengelola armada satelit intelijen untuk menangkap citra optik dan radar super tajam di seluruh dunia. Badan tersebut juga memiliki pesawat ruang angkasa yang melacak penempatan angkatan laut asing, menguping komunikasi oleh musuh, dan menyampaikan gambar pengawasan antara satelit mata-mata dan analis intelijen di lapangan.

Misi yang akan diluncurkan minggu ini diberi nama kode NROL-87. Ini adalah misi SpaceX ketiga untuk NRO. Dan, ini merupakan misi NRO pertama yang dipesan dengan SpaceX melalui program Peluncuran Luar Angkasa Keamanan Nasional Angkatan Luar Angkasa AS. Layanan peluncuran ini untuk satelit militer yang paling mahal dan paling penting.

NRO memesan dua misi sebelumnya pada roket Falcon 9 yang diluncurkan dari Florida pada 2017 dan 2020 melalui pengaturan kontrak komersial berbiaya lebih rendah dan menghindari pengawasan ketat dari militer. Misi NROL-87 kembali ke formula yang ditetapkan untuk berbagai misi NRO yang telah terbang dengan roket United Launch Alliance Atlas dan Delta.
SpaceX Bakal Luncurkan Satelit Mata-mata Rahasia dari California


Tapi ada perbedaan utama dengan peluncuran Falcon 9 dari California minggu ini. Tidak seperti roket Atlas dan Delta sekali pakai yang dapat dibuang, Falcon 9 ditenagai oleh booster tahap pertama yang dapat digunakan kembali.

Baca juga; Bawa 2.267 Kilogram Kargo Hasil Penelitian, SpaceX Dragon Mendarat Mulus di Pantai Florida

Tahap pertama Falcon 9 akan kembali ke Zona Pendaratan 4 Vandenberg, yang terletak tepat di sebelah barat landasan peluncuran SpaceX, untuk pendaratan vertikal sekitar delapan menit setelah lepas landas. Penduduk setempat akan mendengar ledakan sonik ganda saat roket hampir 16 lantai itu kembali untuk mendarat.

Kemudian roket tahap kedua Falcon 9 akan menggerakkan muatan NROL-87 ke orbit. Selubung muatan peluncur akan dibuang beberapa menit ke dalam misi, dan tim pemulihan SpaceX di Samudera Pasifik akan mengambil bagian fairing dari laut setelah mereka turun di menggunakan parasut.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1211 seconds (10.55#12.26)