240 Tahun Tenggelam, Bangkai Kapal Penjelajah Inggris James Cook Ditemukan

Kamis, 03 Februari 2022 - 11:02 WIB
loading...
240 Tahun Tenggelam, Bangkai Kapal Penjelajah Inggris James Cook Ditemukan
Setelah tenggelam 240 tahun lalu, bangkai kapal Endeavour milik penjelajah asal Inggris James Cook, ditemukan di perairan dekat Pelabuhan Newport, Rhode Island, Amerika Serikat (AS). Foto/Indaily
A A A
PROVIDENCE - Setelah tenggelam 240 tahun lalu, bangkai kapal Endeavour milik penjelajah asal Inggris James Cook, ditemukan di perairan dekat Pelabuhan Newport, Rhode Island, Amerika Serikat (AS). Beberapa detail pada bangkai kapal meyakinkan para arkeolog bahwa mereka telah menemukan Endeavour yang telah terlupakan lebih dari 2 abad.

CEO Museum Maritim Nasional Australia Kevin Sumption mengumumkan bahwa bangkai kapal Endeavour milik penjelajah Inggris James Cook telah diidentifikasi secara positif. “Berdasarkan arsip dan bukti arkeologis, saya yakin itu adalah Endeavour,” katanya dikutip SINDOnews dari laman abc.net.au, Kamis (3/2/2022).

Hanya sekitar 15 persen dari bagian kapal yang tersisa dan para peneliti sekarang fokus pada bagian apa yang dapat dilakukan untuk melindungi dan melestarikannya. Museum Maritim Nasonal Australia bekerja sama dengan pakar maritim di Rhode Island serta pemerintah Australia, Rhode Island, dan AS mengamankan situs penemuan tersebut.



“Ini adalah momen bersejarah yang penting, karena peran kapal ini dalam eksplorasi, astronomi, dan sains. Tidak hanya berlaku untuk Australia, tetapi juga Aotearoa Selandia Baru, Inggris, dan Amerika Serikat,” lanjut Kevin Sumption.
240 Tahun Tenggelam, Bangkai Kapal Penjelajah Inggris James Cook Ditemukan


Pertama kali diluncurkan pada tahun 1764 dikenal sebagai Earl of Pembroke. Kemudian kapal itu dinamai Endeavour pada tahun 1768 oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris dan dipersiapkan untuk pelayaran ilmiah besar ke Pasifik.



Dari tahun 1768 hingga 1771 kapal Endeavour mengarungi Pasifik Selatan, terutama untuk merekam transit Venus di Tahiti pada tahun 1769. James Cook kemudian mengarungi sekitar Pasifik Selatan mencari "Tanah Selatan Besar", memetakan pantai Selandia Baru dan garis pantai timur Australia sebelum mengklaim tanah itu untuk Inggris Raya pada 22 Agustus 1770.

Endeavour kemudian dijual kepada pemilik pribadi, berganti nama menjadi Lord Sandwich dan sengaja ditenggelamkan pada tahun 1778 oleh pasukan Inggris selama Perang Kemerdekaan Amerika. Setahun kemudian Cook terbunuh di Hawaii selama pelayaran Pasifik ketiganya, 10 tahun sebelum Armada Pertama tiba di NSW untuk mendirikan koloni Inggris.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2144 seconds (0.1#10.140)