Ilmuwan Temukan Bukti Meteor Musnahkan Peradaban Suku Amerika Kuno

Jum'at, 04 Februari 2022 - 15:03 WIB
Mungkin bukan kebetulan, peristiwa bencana ini juga tampaknya bertepatan dengan penurunan tiba-tiba budaya Hopewell. Kebanyakan orang dari peradaban kuno ini kemungkinan selamat dari insiden awal.

Dampak dari hantaman komet itu menimbulkan kebakaran yang menghancurkan lanskap dan kemungkinan besar menyebabkan runtuhnya pertanian. Dampak ini tak hanya menimpa suku Hopewell, seperti Algonquin dan Iroquoian, juga memiliki cerita dan legenda tentang bencana aneh yang menimpa bumi dari langit.

Tankersley menceritakan, banyak suku-suku di Amerika yang menceritakan persitiwa kosmik ini dengan versi mereka masing-masing. Misalnya di Miami menceritakan tentang seekor ular bertanduk yang terbang melintasi langit dan menjatuhkan batu ke tanah sebelum jatuh ke sungai.

Suku Shawnee mengacu pada 'panther langit' yang memiliki kekuatan untuk meruntuhkan hutan. Ottawa berbicara tentang hari ketika matahari jatuh dari langit. "Ketika sebuah komet menabrak termosfer, itu akan meledak seperti bom nuklir,” lanjut Tankersley.

Satu studi tahun lalu menemukan bukti adanya peristiwa kosmik di situs arkeologi Tall el-Hammam di Yordania sekitar 3.600 tahun yang lalu. Mereka menduga bencana ini mungkin telah mengilhami kisah Sodom dan Gomora, dua kota alkitabiah yang dihancurkan oleh Tuhan karena kejahatan mereka.