Tank-Tank Tua di Garis Depan, Rusia Kerahkan T-72 dan Ukraina Andalkan T-64

Selasa, 15 Februari 2022 - 18:19 WIB
loading...
Tank-Tank Tua di Garis Depan, Rusia Kerahkan T-72 dan Ukraina Andalkan T-64
Rusia dalam latihan tempur di wilayah Rostov, dekat perbatasan Ukraina, mengerahkan tank andalannya T-72 yang sudah diupgrade dan dikenal dengan versi B3. Foto/Bulgarian Military
ROSTOV - Mesin-mesin tank milik Rusia dan Ukraina tampak sudah mulai dipanaskan dan digerakkan ke garis depan. Uniknya Rusia dan Ukraina masih mengandalkan deretan tank-tank tua yang dimiliki untuk menjaga garis depan.

Rusia dalam latihan tempur di wilayah Rostov, dekat perbatasan Ukraina, mengerahkan tank andalannya T-72 yang sudah diupgrade dan dikenal dengan versi B3. Meskipun sudah diremajakan, Tank T-72 sudah uzur karena diproduksi massal pada 1968.

Rusia memiliki 2.000 Tank T-72 aktif dan setidaknya 7.000 lainnya sebagai cadangan. Modernisasi menjadi versi T-72B3 dimulai pada 2010. Tank T-72 yang sudah 54 tahun terakhir selalu terlibat operasi militer Rusia dan akan dikerahkan kembali ke garis depan.

Baca juga; Penampakan Tank-tank Ukraina di Jalur Kontak, Perang Bisa Pecah Kapan Saja!



Versi upgrade dari T-72B3 telah meningkatkan daya tembak secara signifikan berkat sistem pengendalian tembakan baru dan modern yang terintegrasi. Setiap tank yang ditingkatkan menerima mesin baru yang lebih bertenaga, yang menjamin minimal 1.130 tenaga kuda.

Mesinnya adalah V-92S2F dengan transmisi otomatis, tampilan digital, dan penggerak roda belakang. Namun, saat latihan perang di Rostov, lusinan Tank T-72B3 tak berkutik setelah terjebak di lumpur.
Tank-Tank Tua di Garis Depan, Rusia Kerahkan T-72 dan Ukraina Andalkan T-64


Dikutip dari laman Bulgarian Military, dari rekaman kamera ponsel amatir tampak satu unit ekskavator dikerahkan untuk membantu Tank T-72B3 keluar dari kubangan lumpur. Fakta ini menunjukkan bagaimana kemampuan Tank T-72 versi B3 di medan tempur yang basah dan berlumpur.

Baca juga; Perbandingan Tank Rusia dan Ukraina, Mesin Perang Siapa yang Terkuat?

Ukraina juga memutuskan menggunakan tank tempur utama T-64BV yang telah menerima pembaruan. Tank T-64BV merupakan upgrade dari Tank T-64, produksi bersama Rusia-Ukraina dari era Perang Dingin dan Uni Soviet tahun 1960-an.
halaman ke-1
KOMENTAR ANDA