Hewan yang Bisa Berkamuflase untuk Menghindar dan Menyerang Musuh

Rabu, 23 Februari 2022 - 10:12 WIB
loading...
Hewan yang Bisa Berkamuflase untuk Menghindar dan Menyerang Musuh
Hewan yang bisa berjamuflase. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Hewan yang bisa berkamuflase atau menyamarkan diri saat hewan tersebut terganggu dan saat ingin menyerang hewan santapannya.

Di dunia ini terdapat berbagai hewan yang memiliki kemampuan kamuflase atau upaya menyamarkan diri yang sangat luar biasa. Kamuflase tersebut dilakukan dengan tujuan menghindari serangan musuh sekaligus untuk mendapatkan mangsa.

BACA JUGA - Ilmuwan Temukan Jawaban Kenapa Cicak Dibenci dalam Ajaran Islam

Kali ini SINDOnews akan mengulas 4 hewan dengan kemampuan kamuflasi terbaik dari berbagai sumber. Berikut ulasannya :

1. Gurita (Octopus)

Selain memiliki delapan lengan hisap yang enggan melepaskan mangsanya, gurita satu ini juga pandai melakukan kamuflase. Kamuflase itu dilakukannya guna menghindari kejaran predator sekaligus untuk mempertahankan diri dari musuh.

Meski lazimnya gurita berwarna abu-abu pucat atau putih, namun warna tersebut mampu berubah sesuai kondisi lingkungan di sekitarnya.

Kemampuan kamuflase ini sendiri berasal dari kantung-kantung warna yang lentur yang mampu mengubah kekentalan warna dan bayangan di jaringan epidermisnya.

2. Tokek Ekor Daun

Tokek ekor daun atau lazim disebut Satanic Leaf Tailed Gecko memiliki habitat di kawasan Afrika Tengah dan Timur. Tokek dari Madagaskar ini mampu tumbuh dengan panjang hingga sembilan centimeter.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1976 seconds (11.97#12.26)