Jagoan Perang Kota, Tank Terminator Rusia Mondar-Mandir di Perbatasan Ukraina

Selasa, 22 Februari 2022 - 20:36 WIB
loading...
Jagoan Perang Kota, Tank Terminator Rusia Mondar-Mandir di Perbatasan Ukraina
Tank BMPT-72 atau Terminator 2 milik Angkatan Darat Rusia sudah terdeteksi di Oblast Lipetsk, luar Yelets, Rusia, menuju ke barat, ke arah perbatasan Ukraina. Foto/The War Zone
A A A
MOSKOW - TANK BMPT-72 atau Terminator 2 milik Angkatan Darat Rusia sudah terdeteksi di Oblast Lipetsk, luar Yelets, Rusia, menuju ke barat, ke arah perbatasan Ukraina. Setidaknya ada 9 unit Tank Terminator yang terlihat diangkut dengan kereta api.

Tank BMPT-72 termasuk jenis langka dan tidak ada padanannya dalam kendaraan lapis baja buatan Barat. Tank yang dijuluki terminator ini dikenal sebagai jagoan perang kota dan terkenal dalam perang kota di Cechnya pada 1990-an dan 2000-an.

Dikutip dari laman The War Zone, Selasa (22/2/2022), Tank Terminator dibangun di atas sasis tank andalan Rusia T-72 dan dilengkapi sejumlah persenjataan berat untuk mendukung perang kota dengan intensitas tinggi. Desain BMPT-72 menekankan pada perlindungan lapis baja dan kemampuan mengatasi berbagai hambatan yang ditemukan di lingkungan perkotaan.



Senjata BMPT-72 juga telah dipilih agar sesuai dengan skenario perang perkotaan, dengan fokus khusus pada jarak pendek, daya tembak penekan terhadap target yang mungkin sulit dijangkau, termasuk dilengkapi dengan senjata yang dapat diangkat ke sudut yang tinggi,misalnya target tinggi di atas gedung-gedung.
Jagoan Perang Kota, Tank Terminator Rusia Mondar-Mandir di Perbatasan Ukraina


Ketika pertama kali dikembangkan, tank BMPT-72 menampilkan menara yang dipersenjatai meriam otomatis 2A42 30mm tunggal. Ditambah peluncur tipe kotak empat putaran untuk peluru kendali anti-tank 9M133 Kornet (AT-14 Spriggan) (ATGM).

Kemudian desain direvisi dengan persenjataan baru yang lebih berat, meriam otomatis 2A42 30mm kembar, senapan mesin koaksial 7,62 PKT, dan empat ATGM 9M120 Ataka (AT-9 Spiral-2) dalam. Tabung terpisah. Terakhir, BMPT dilengkapi dengan sepasang peluncur granat otomatis AGS-17D 30mm di bagian depan lambung.


Jagoan Perang Kota, Tank Terminator Rusia Mondar-Mandir di Perbatasan Ukraina


Terminator 2 sedikit mengalami perubahan pada menara, sistem kontrol tembakan, dan peralatan komunikasi dengan rudal Ataka, yang dibawa dalam sepasang wadah seperti kotak. Komplemen kru dikurangi dari lima menjadi tiga: komandan, pengemudi, dan penembak.

Perlindungan tambahan juga diberikan, dengan armor reaktif eksplosif (ERA) yang ditingkatkan. Kedatangan BMPT-72 di sekitar perbatasan Ukraina tampaknya mengindikasikan bahwa Kremlin akan melakukan operasi penyerangan di daerah perkotaan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)