Temukan Zat Seismik Aneh, Ilmuwan Prediksi Bumi Akan Terbelah Dua

Kamis, 24 Februari 2022 - 10:42 WIB
loading...
Temukan Zat Seismik Aneh, Ilmuwan Prediksi Bumi Akan Terbelah Dua
Ilmuwan temukan zat baru di inti bumi yang sangat misterius. FOTO/ DAILY STAR
A A A
LONDON - Tanda-tanda bumi sekarat mulai tak terbantahkan lagi, baru-baru ini para ilmuwan geologi menemukan zat baru di inti bumi yang sangat aneh yang dapat memicu seismik sehingga mencipta gempa besar hingga bumi terbelah.

Penelitian terbaru tentang inti bumi membuat para ilmuwan percaya bahwa pusat itu terdiri dari zat misterius baru yang tidak padat atau cair dalam "keadaan superionik".



Para ilmuwan percaya bahwa inti dalam bumi mungkin diisi dengan zat aneh yang merupakan campuran lembek padat dan cair, sebuah studi baru mengungkapkan.

Penelitian terbaru yang diterbitkan awal bulan ini mengklaim bahwa inti planet kita mungkin terbuat dari zat selain inti luar cair yang mengelilingi bola padat paduan besi padat seperti yang diteorikan sebelumnya.

Simulasi komputer studi menunjukkan bahwa inti bumi yang panas dan bertekanan tinggi bisa menjadi campuran molekul hidrogen, oksigen dan karbon, yang ada dalam "keadaan superionik" melalui kisi besi, Live Science melaporkan.

Studi yang diterbitkan pada 9 Februari di Nature berbunyi: "Kami menemukan bahwa hidrogen, oksigen, dan karbon dalam besi heksagonal yang dikemas rapat berubah menjadi keadaan superionik di inti bumi yang dalam, hal ini menunjukkan koefisien difusi yang tinggi seperti cairan,''

"Ini menunjukkan bahwa inti dalam bisa berada dalam keadaan superionik daripada keadaan padat normal. Gerakan Seismik bisa membuat bumi terbelah dua," tulis Daily Star dalam beritanya Kamis (24/2/2022),

Pusat planet ini diyakini sepanas permukaan matahari, tetapi komposisinya telah membingungkan para ahli sejak studi paling awal tentang gempa bumi pada 1950-an.

Tetapi kemajuan dalam studi gelombang seismik inilah yang memungkinkan para peneliti untuk membuat tebakan yang lebih halus tentang apa yang ada di dalam Bumi t etapi bahkan hingga sekarang kita tidak tahu pasti.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)