Tidak Ada Ukuran Baju yang Pas, NASA Batalkan Misi Space Walk 2 Astronot Wanita

Senin, 07 Maret 2022 - 19:37 WIB
loading...
Tidak Ada Ukuran Baju yang Pas, NASA Batalkan Misi Space Walk 2 Astronot Wanita
NASA menunjukkan astronot Anne McClain bekerja di struktur rangka Port-4 Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 22 Maret 2019. Foto/NASA/Aljazeera
A A A
TEXAS - Badan Antariksa Amerika Serikat ( NASA ) membatalkan rencana misi perjalanan antariksa atau space walk untuk 2 astronot wanita di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Misi space walk untuk 2 astronot wanita itu dibatalkan karena kekurangan pakaian antariksa yang pas ukurannya.

Dua astronot wanita Amerika Serikat yang hendak melakukan misi space walk di ISS adalah Christina Koch dan Anne McClain. Seandainya Koch dan McClain melakukan perjalanan luar angkasa bersama, mereka akan menjadi yang pertama, dua astronot wanita melakukan misi space walk.

Karena kekurangan baju antariksa yang pas ukurannya, posisi Anne McClain diganti Nick Hague astronot pria dari Amerika Serikat. Sampai saat ini, tim astronot pria-wanita yang telah melakukan misi space walk sejak stasiun ruang angkasa dirakit pada tahun 1998 sudah ada 214 kali.



Keterangan NASA, McClain menuturkan ketika bekerja di luar stasiun minggu lalu - dengan Den Haag - dia menyadari bahwa lebih cocok menggunakan baju antariksa yang berukuran sedang. Namun, di Stasiun Luar Angkasa Internasional hanya tersedia satu baju antariksa yang ukuran sedang.

"Karena hanya satu (baju antariksa) yang berukuran sedang yang bisa disiapkan pada, maka (Christina) Koch yang akan memakainya," jelas NASA dikutip SINDOnews dari laman Gulftoday, Senin (7/3/2022).
Tidak Ada Ukuran Baju yang Pas, NASA Batalkan Misi Space Walk 2 Astronot Wanita


Pakaian antariksa di ISS sebenarnya adalah rakitan dari beberapa bagian yang disatukan dan disesuaikan dengan tubuh setiap astronot. Saat ini ada dua bagian atas baju antariksa dengan tiga ukuran yang tersedia, yaitu sedang, besar, dan ekstra besar.



Brandi Dean, juru bicara Johnson Space Center di Houston, Texas, Amerika Serikat, menuturkan, NASA tela melakukan yang terbaik untuk mengantisipasi ukuran pakaian antariksa yang dibutuhkan setiap astronot. Semua ukuran dibuat berdasarkan ukuran pakaian antariksa yang dikenakan dalam pelatihan di darat dan dalam beberapa kasus astronot berlatih dalam berbagai ukuran.

"Namun, kebutuhan ukuran individu dapat berubah ketika mereka berada di orbit, sebagai respons terhadap perubahan yang dapat ditimbulkan oleh gayaberat mikro di dalam tubuh. Selain itu, tidak ada lingkungan pelatihan yang dapat sepenuhnya mensimulasikan melakukan perjalanan ruang angkasa dalam gayaberat mikro, dan seseorang mungkin ukurannya berubah di ruang angkasa," kata Brandi.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1440 seconds (0.1#10.140)