Bumi Diambang Kiamat, Riset Nature Sebut Hutan Amazon Mendekati Kematian

Rabu, 09 Maret 2022 - 12:24 WIB
loading...
Bumi Diambang Kiamat, Riset Nature Sebut Hutan Amazon Mendekati Kematian
Hutan Amazon dikabarkan mendekati kematian. FOTO/ IST
A A A
LIMA - Kondisi hutan hujan saat ini semakin kritis , mungkin sudah di titik akan berubah menjadi sabana. Tanda-tandanya telah terlihat. Nature Climate Change menyebut kondisi sudah terjadi di 75% wilayah hutan hujan sejak awal 2000-an.



Salah satu hutan hujan yang mengalami kondisi kritis adalah hutan Amazon di Brazil. Hutan yang memiliki peran penting pada ketersediaan oksigen dunia ini terus digunduli dalam beberapa dekade terakhir.

Penggundulan bisa dilihat dari rekaman satelit yang diambil dalam periode tahun 1991 hingga tahun 2016. Chris Boulton telah mengumpulkan informasinya dan terlihat bahwa perubahan kondisi hutan hujan memang sangat drastis.

Melansir dari Nature Asia, Rabu (9/3/2022), analisis juga mengungkapkan bahwa 75% hutan Amazon telah kehilangan kelebatannya sejak awal 2000-an. Ini terjadi terutama untuk wilayah yang dekat dengan perkotaan dan yang mengalami curah hujan sedikit.

Mirisnya lagi, penyempitan lahan hutan ini tidak diiringi dengan penanaman pohon. Untuk itu penting mendorong pemeliharaan hutan agar pasokan oksigen dunia tetap terjaga sehingga bisa memberikan kehidupan yang lebih layak.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)