7 Letusan Gunung Api Terbesar dalam Sejarah, 2 Di Antaranya Ada di Indonesia

Minggu, 13 Maret 2022 - 18:51 WIB
loading...
7 Letusan Gunung Api Terbesar dalam Sejarah, 2 Di Antaranya Ada di Indonesia
Sejarah telah menyaksikan beberapa letusan gunung berapi yang mengerikan, mulai dari pendinginan cuaca di sekitar Gunung Pinatubo hingga ledakan terdahsyat Gunung Tambora di Indonesia. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Sejarah telah menyaksikan beberapa letusan gunung berapi yang mengerikan, mulai dari pendinginan cuaca di sekitar Gunung Pinatubo hingga ledakan terdahsyat Gunung Tambora di Indonesia.

Kekuatan letusan tersebut diukur dengan menggunakan Volcanic Explosivity Index (VEI) sistem klasifikasi yang dikembangkan pada tahun 1980 yang agak mirip dengan skala besarnya untuk gempa bumi. Skalanya dari 1 hingga 8, dan setiap VEI adalah 10 kali lebih besar dari yang terakhir.

Belum ada gunung berapi VEI-8 dalam 10.000 tahun terakhir, tetapi sejarah manusia telah melihat beberapa letusan yang kuat dan menghancurkan. Karena sangat sulit bagi para ilmuwan untuk dapat menentukan peringkat kekuatan letusan dalam kategori VEI yang sama.



Di sini akan diungkapkan 7 gunung berapi paling kuat dalam 4.000 tahun terakhir yang meletus. Berikut 7 letusan gunung berapi terbesar yang dilansir Live Science:

1. Letusan Yellowstone, 640.000 tahun yang lalu (VEI 8)

Seluruh Taman Nasional Yellowstone adalah gunung berapi aktif yang pernah meletus dengan kekuatan yang luar biasa: Tiga letusan berkekuatan VEI 8 mengguncang daerah itu sekitar 2,1 juta tahun yang lalu, lagi 1,2 juta tahun yang lalu dan yang terbaru 640.000 tahun yang lalu.

"Bersama-sama, tiga letusan bencana mengeluarkan cukup abu dan lava untuk mengisi Grand Canyon," menurut Survei Geologi AS.

Faktanya, para ilmuwan menemukan gumpalan besar magma yang tersimpan di bawah Yellowstone, gumpalan yang jika dilepaskan dapat mengisi Grand Canyon 11 kali lipat, para peneliti melaporkan pada 23 April 2013, dalam jurnal Science.

Letusan supervolcano terbaru dari trio menciptakan kawah besar taman, berukuran 30 kali 45 mil (48 kali 72 kilometer).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3000 seconds (0.1#10.140)