4 Hewan yang Memiliki Gading Selain Gajah

Senin, 21 Maret 2022 - 03:39 WIB
loading...
4 Hewan yang Memiliki Gading Selain Gajah
4 hewan yang memiliki gading. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Selain gajah terdapat sejumlah hewan yang memiliki gading , hewan ini menggunakan gading dalam berbagai aktivitas, mulai dari menggali lubang dan mengupas kulit pohon, hingga berkelahi.

Sebenarnya gading adalah gigi seri yang memanjang yang terus tumbuh sepanjang hidup mereka, memanjang dari dalam rahang atasnya. Seperti dilansir dari A-Z Animals, berikut hewan yang memiliki gading selain gajah.

1. Babirusa

Babirusa merupakan salah aatu hewan yang memiliki gading selain gajah. Babirusa sering ditemukan di hutan hujan dan sepanjang air tawar di Sulawesi dan pulau-pulau disekitarnya.

Gading yang berupa gigi taring atas babirusa jantan tidak ditemukan di mulutnya tetapi tumbuh dari sisi rahang atasnya sampai mereka menembus bagian atas moncongnya.

Kemudian, mereka melengkung ke belakang sampai mereka membentuk jenis sangkar di atas wajah babirusa.

Babirusa juga memiliki taring yang lebih rendah menonjol melalui sisi mulut mereka. Gadingnya begitu panjang dan melengkung sehingga mereka terlihat seperti tanduk rusa di wajahnya.

2. Babi Hutan

Babi hutan merupakan hewan yang memiliki gading selain gajah. Babi hutan bahkan mempunyai dua pasang gading. Gading atas biasanya lebih melengkung, sedangkan gading bawah lebih tajam dan lurus.

Gading atas digunakan oleh pejantan untuk bertarung dengan pejantan lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)