Rudal Anti-Kapal Bastion Serang Target Darat Ukraina, Pertanda Stok Rudal Rusia Menipis?

Kamis, 24 Maret 2022 - 08:35 WIB
loading...
Rudal Anti-Kapal Bastion Serang Target Darat Ukraina, Pertanda Stok Rudal Rusia Menipis?
Kementerian Pertahanan Rusia merilis video yang menunjukkan sistem rudal pertahanan pantai K-300P Bastion-P menyerang target darat di Ukraina. Foto/TASS
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia merilis video yang menunjukkan sistem rudal pertahanan pantai K-300P Bastion-P menyerang target darat di Ukraina. Penggunaan rudal supersonik Bastion , yang dirancang menghancurkan kapal laut, untuk menyerang target darat membuat Barat menilai stok rudal balistik Moskow menipis.

Setidaknya ada satu laporan tentang penggunaan sistem rudal Bastion oleh Rusia untuk mencapai target darat di Ukraina. Dikutip dari laman The War Zone, Kamis (24/3/2022), video yang dirilis ini menjadi bukti visual pertama penggunaan rudal Bastion dalam perang Ukraina.

Dalam rekaman video menunjukkan tiga rudal diluncurkan secara berurutan dari Krimea ke wilayah Ukraina. Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, rudal Bastion yang ditembakkan berhasil menghancurkan “persenjataan besar dengan senjata dan peralatan militer pasukan Ukraina, termasuk yang diterima dari negara-negara Barat.”



Rudal Bastion dikenal dengan sebutan Barat sebagai SSC-5 Stooge. Rudal Bastion merupakan rudal jelajah anti-kapal yang bisa ditembakkan dari kapal perang dan kapal selam. Untuk versi ekspor rudal ini diberi nama Yakhont, seperti yang dimiliki beberapa negara seperti Indonesia, Vietnam, dan Suriah.

Rudal Bastion diluncurkan oleh pendorong roket berbahan bakar padat, kemudian motor ramjet berbahan bakar cair mengambil alih untuk mendorongnya ke kecepatan hingga Mach 2.2. Jangkauan maksimum lebih dari 180 mil pada fase jelajah di ketinggian tinggi.

Namun, rudal Bastion juga dapat diprogram untuk meluncur di lintasan ketinggian rendah, sehingga hanya mampu jangkauan target sekitar 75 mil. Rudal Bastion-P adalah sistem pertahanan pantai yang mobile untuk menyerang kapal angkatan laut bernilai tinggi yang beroperasi di lepas pantai.


Rudal Anti-Kapal Bastion Serang Target Darat Ukraina, Pertanda Stok Rudal Rusia Menipis?


Baterai untuk peluncuran rudal Bastion terdiri dari satu atau dua kendaraan komando dan kontrol pada sasis truk KamAZ-4310 6x6. Ditambah satu kendaraan pendukung dan empat kendaraan peluncur berdasarkan sasis MZKT-7930 8x8 dan masing-masing dimuat dengan dua rudal siap pakai, serta empat kendaraan loader.

Salah satu aspek menarik dari rudal Bastion-P dalam pertempuran anti-kapal, adalah fitur serangan kolaboratif. Menurut Kantor Studi Militer Asing Angkatan Darat AS atau FMSO, sistem pemandu rudal Bastion dapat digunakan bersama dengan rudal lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2542 seconds (0.1#10.140)