Leanne, Harimau Sumatera yang Anggun Meninggal di San Fransisco

Jum'at, 25 Maret 2022 - 11:10 WIB
loading...
Leanne, Harimau Sumatera yang Anggun Meninggal di San Fransisco
Seekor Harimau Sumatera betina yang dikenal anggun dan kharismatik bernama Leanne meninggal di Kebun Binatang San Francisco, California, Amerika Serikat. Foto/Marianne V. Hale/ Kebun Binatang dan Taman San Francisco/Path
A A A
SAN FRANSISCO - Seekor Harimau Sumatera betina yang dikenal anggun dan kharismatik bernama Leanne meninggal di Kebun Binatang San Francisco, California, Amerika Serikat. Leanne meninggal di usia 18 tahun 8 bulan atau lebih lama 8 tahun dari rata-rata usia hidup Harimau Sumatera di alam liar.

Leanne telah tinggal di Kebun Binatang San Francisco selama lebih dari 15 tahun dan merupakan duta penting spesies Harimau Sumatera yang terancam punah. Pengelola Kebun Binatang dan Taman San Francisco masih menunggu hasil dari nekropsi untuk mengetahui penyebab kematian Leanne, meskipun diketahui kesehatannya belakang mulai menurun.

"Kami benar-benar sedih atas hilangnya Leanne yang anggun, ibu dari program penangkaran Harimau Sumatera kami," kata Tanya M. Peterson, CEO dan Direktur Eksekutif San Francisco Zoological Society dikutip SINDOnews dari laman patch, Jumat (25/3/2022).



Leanne, dinamai mendiang donor dan filantropis San Francisco Zoological Society, Leanne Roberts (almarhum istri pertama miliarder George Roberts). Dia lahir di Kebun Binatang Toronto pada 2003 dan dipindahkan ke Pengelola Kebun Binatang dan Taman San Francisco (SF Zoo & Gardens) pada 2006.

Selama 15 tahun di sini, Leanne memiliki dua teman laki-laki, hanya "Larry," seorang Harimau Sumatera jantan yang merupakan teman lamanya sebelum kematiannya pada tahun 2020. Putri mereka, "Jillian," mencapai ketenaran ketika mendiang komedian Robin Williams melelang hak penamaannya pada penggalangan dana pada tahun 2014.

Leanne dan Larry adalah orang tua dari "Jillian," lahir pada tahun 2013 yang baru-baru ini dipindahkan ke San Diego Wild Animal Park untuk membiakkan keturunannya sendiri. Leanne adalah ibu yang setia dan sukses sejak awal.


Leanne, Harimau Sumatera yang Anggun Meninggal di San Fransisco


Pada tahun 2008, Leanne memiliki anak yang terdiri dari tiga anak laki-laki, yang sejak itu menjadi bapak 11 anak bersama-sama di kebun binatang yang berbeda, termasuk Kebun Binatang Berlin. Salah satu dari keturunan ini kemudian memiliki lima anak, membuat Leanne menjadi "nenek buyut".

"Dia (Leanne) adalah hewan yang luar biasa dalam segala hal dan berperan penting dalam membantu kami dan kebun binatang lain melestarikan subspesies harimau yang terancam punah ini. Tidak hanya menakjubkan, dia adalah individu karismatik yang merebut hati jutaan pengunjung Kebun Binatang. Dia akan sangat dirindukan," ujar Tanya M. Peterson.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2001 seconds (0.1#10.140)