Bukan Pawang Hujan, Rusia Punya Laboratorium Pengendali Cuaca Sura

Rabu, 30 Maret 2022 - 10:35 WIB
loading...
Bukan Pawang Hujan, Rusia Punya Laboratorium Pengendali Cuaca Sura
Sura Ionospheric Heating Facility adalah laboratorium pengendali cuaca buatan Rusia yang menyaingi HAARP milik AS. Foto: ist
A A A
RUSIA - Rusia adalah salah satu negara yang selalu melakukan penelitian canggih, yang acap lebih maju dibanding negara-negara lain.

Selain itu, sejak era Uni Soviet, negara ini juga tidak pernah mau kalah dari musuhnya, terutama Amerika Serikat. Jadi, ketika AS membuat sebuah teknologi baru, Rusia pasti akan segera melakukan penelitian yang sama.

Sura Ionospheric Heating Facility merupakan sebuah laboratorium penelitian Ionosfer milik Rusia. Laboratorium ini berada di dekat kota kecil Vasilsurks yang berada sekitar 100 km ke arah timur dari Nizhny Novgorod, Rusia.

Sura mampu memancarkan gelombang radio sekitar 80 megawatt pada 4,3 mHz dan bisa meningkat 260 megawatt pada 9,5 mHz.

Fasilitas milik Rusia ini pertama kali digunakan pada tahun 1981. Sura Ionospheric Heating Facility digunakan para peneliti Rusia untuk mempelajari perilaku ionosfer dan efek dari generasi emisi frekuensi rendah pada modulasi arus ionosfer.

Selain itu diketahui juga bahwa Amerika Serikat memiliki temuan yang mirip dengan Sura Ionospheric Heating Facility ini. Namanya adalah pemanas ionosfer HAARP yang pembuatannya dimulai pada 1993.



Rentang frekuensi Sura Ionospheric Heating Facility berkisar pada angka 4,5 hingga 9,3 MHz. Fasilitas ini terdiri dari tiga pemancar siaran 250 kW dan 144 antenna-array dipole silang dengan dimensi 300 mx 300 m.

Kemudian, di tengah rentang frekuensi operasi (4,5 – 9,3 MHz) tercapai zenith gain maksimum sekitar 260 (~24 dB), serta ERP 190 MW (~83 dbW).
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)