Ilmuwan Ini Ungkap Bentuk Bumi Sesungguhnya

Senin, 04 April 2022 - 10:25 WIB
loading...
Ilmuwan Ini Ungkap Bentuk Bumi Sesungguhnya
Apa yang diketahui manusia soal bentuk bumi selama ini ternyata salah. Bumi tidak bulat sempurna seperti bola karena mendapatkan tekanan dari kedua kutubnya. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Apa yang diketahui manusia soal bentuk bumi selama ini ternyata salah. Bumi tidak bulat sempurna seperti bola karena mendapatkan tekanan dari kedua kutubnya.

Seorang ilmuwan planet di Jet Propulsion Laboratory NASA, James Tuttle Keane mengatakan, kebanyakan planet dan bulan tidak berbentuk seperti bola atau bulat sempurna. Karena bumi berputar, maka planet yang didiami manusia ini juga mengalami gaya sentrifugal sehingga mengubah sedikit bentuknya.

Jika mengukur puncak tertinggi di bumi melalui inti bumi, maka gunung tertinggi di dunia bukanlah Everest tetapi Chimborazo Ekuador. Ini karena bumi tertekan di dua kutubnya sehingga tidak membentuk bulat sempurna.

"Kebanyakan planet dan bulan tidak berbentuk seperti bola sempurna, mereka biasanya terjepit dalam beberapa cara atau lainnya," kata Keane kepada Live Science, Senin (4/4/2022).

BACA : Ini Dampak Mengerikan Jika Bumi Terbit dari Barat

Sebuah planet yang berputar mengalami gaya sentrifugal. "Ini seperti Anda naik komidi putar, ada sedikit kekuatan ekstra yang bekerja sehingga Anda merasa ditarik ke samping dan mau terlempar," kata Keane.

Karena planet dan bulan berputar, gaya sentrifugal menyebabkan mereka menonjol di ekuatornya. Efeknya bisa sangat halus, tetapi contoh bagusnya adalah Jupiter dan Saturnus.

"Jika Anda melihat gambaran global dari salah satu raksasa gas, Anda akan melihat bahwa mereka sedikit terjepit dan bagian tengahnya menonjol. Bentuk terjepit planet-planet ini lebih terlihat karena mereka adalah planet yang berputar tercepat di tata surya," kata Keane.

BACA JUGA : Kiamat Chip Belum Berakhir, Raksasa Otomotif Dunia Kembali Terkapar

Semakin cepat sesuatu berputar, semakin besar gaya sentrifugal yang bekerja padanya. Contoh ekstrim gaya sentrifugal yang bekerja pada sebuah benda adalah planet kerdil Haumea.

"Planet kerdil itu berada di Sabuk Kuiper, wilayah objek es di luar orbit Neptunus. Haumea seukuran Pluto, tetapi berputar sangat cepat (satu putaran penuh setiap empat jam) sehingga hampir berbentuk telur," kata Keane.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1109 seconds (10.55#12.26)