Ilmuwan Temukan Jawaban Kenapa Kecoa Lebih Kuat dari Dinosaurus

Minggu, 10 April 2022 - 13:14 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Jawaban Kenapa Kecoa Lebih Kuat dari Dinosaurus
Ilmuwan pastikan kecoa lebih kuat dari dinosaurus. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Sebuah riset menyebut kecoa adalah hewan yang lebih kuat dari dinosaurus hal itu berdasarkan ketika batu meteor yang menghantam Bumi 66 juta tahun yang lalu. Tiga perempat tumbuhan dan hewan di Bumi mati, termasuk semua dinosaurus, kecuali beberapa spesies yang merupakan nenek moyang burung dan kecoa.

Seperti dilansir dari Conversation, bagaimana kecoa yang panjangnya hanya beberapa inci bisa bertahan hidup ketika begitu banyak hewan kuat punah? Ternyata kecoa dirancang dan diperlengkapi dengan baik untuk dapat hidup melewati bencana meteor.

BACA JUGA - Tulang Hewan Purba dari Zaman Es Terakhir Ditemukan di Inggris

Jika Anda pernah melihat kecoa, Anda mungkin memperhatikan bahwa tubuh mereka sangat datar. Ini bukan suatu kebetulan.

Serangga yang lebih datar dapat menyelipkan tubuhnya pada berbagai tempat yang sangat sempit. Ini memungkinkan mereka untuk bersembunyi secara praktis di mana saja dan ini mungkin membantu mereka bertahan dari tumbukan meteorr.

Saat meteor menghantam, suhu di permukaan bumi meroket. Banyak hewan yang tidak memiliki tempat untuk melarikan diri, tetapi kecoak bisa berlindung di celah-celah tanah kecil, yang memberikan perlindungan yang sangat baik dari panas.

Jatuhnya meteor tersebut memicu serangkaian efek, seperti menghempaskan begitu banyak debu sehingga langit menjadi gelap. Saat matahari meredup, suhu turun dan kondisi menjadi dingin di seluruh dunia.

Dengan sedikit sinar matahari, tanaman yang masih hidup berjuang untuk tumbuh, dan banyak organisme lain yang bergantung pada tanaman itu menjadi kelaparan.

Kecuali, kecoa, tidak seperti beberapa serangga yang lebih suka memakan satu tanaman tertentu, kecoa adalah omnivora pemakan apapun.

Ini berarti bahwa mereka akan memakan sebagian besar makanan yang berasal dari hewan atau tumbuhan , beberapa jenis pakaian dan bahkan kotoran.

Memiliki selera makan yang tidak pilih-pilih telah memungkinkan kecoa untuk bertahan hidup di masa-masa sulit sejak kepunahan dan bencana alam lainnya.

Sifat lain yang membantu lebih kuat adalah bahwa kecoa bertelur d i tempat perlindungan yang kecil yang bernama oothecae. Seperti halnya casing ponsel, oothecae bersifat keras dan melindungi isinya dari kerusakan fisik
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1959 seconds (11.210#12.26)