Senin, 11 April 2022 - 19:47 WIB
Bikin Ngeri, Setiap Hari 100 Meteorid Menghantam Bulan
Setiap hari bulan dihantam 100 meteorid berukuran sebesar bola pingpong, itu belum termasuk meteorid yang berukuran lebih kecil dan yang lebih besar. Foto/Newscientist
ALABAMA - Setiap hari bulan dihantam 100 meteorid berukuran sebesar bola pingpong, itu belum termasuk meteorid yang berukuran lebih kecil dan yang lebih besar. Bulan kerap dihantam meteorid karena tidak memiliki lapisan atmosfer seperti Bumi yang menjadi pelindung ketika ada benda luar angkasa menghantam.

Menurut Bill Cooke, Kepala Kantor Lingkungan Meteoroid NASA di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Marshall NASA di Alabama, agak sulit menghitung secara tepat meteorid yang menghantam permukaan bula setiap hari. Apalagi jika ukurannya lebih kecil dari satu milimeter, sehingga jumlahnya tidak dapat dihitung secara pasti.

Cooke memperkirakan ada sekitar 11 hingga 1.100 ton debu bertabrakan dengan bulan per hari, jumlah itu massanya sekitar 5,5 mobil. Sedangkan untuk batuan yang lebih besar, perkiraannya lebih jelas. "Ada sekitar 100 meteoroid seukuran bola pingpong yang menghantam bulan setiap hari," katanya dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Senin (11/4/2022).

Jadi dalam setahun, kata Cooke, ada sekitar 33.000 meteoroid yang menghantam permukaan bulan. Meskipun ukurannya kecil, setiap batu seukuran bola pingpong ini menghantam permukaan dengan kekuatan 3,2 kilogram dinamit.

Meteoroid yang lebih besar juga menabrak bulan, tetapi entensitasnya lebih jarang. Cooke memperkirakan meteoroid yang lebih besar, seperti yang berukuran 2,5 meter, menabrak bulan setiap empat tahun.

Benda-benda itu menabrak bulan dengan kekuatan satu kiloton atau 1.000 ton TNT. Mengingat usia bulan sekitar 4,5 miliar tahun, sehingga tak heran permukaannya bopeng dengan segala macam kawah akibat tumbukan tersebut.

Para ilmuwan mempelajari dampak bulan dalam beberapa cara berbeda. Dari permukaan bumi, para ilmuwan mengarahkan teleskop ke bulan untuk mengamati tumbukan.
Bikin Ngeri, Setiap Hari 100 Meteorid Menghantam Bulan

Meteoroid dapat mencapai permukaan dengan kecepatan 20 hingga 72 kilometer per detik, sehingga tumbukan tersebut menghasilkan kilatan cahaya yang dapat diamati dari Bumi.

Meskipun bulan mengalami banyak mendapat hantaman meteorid setiap tahun, tidak serta merta menghalangi misi manusia ke bulan. Mengingat luas permukaan bulan sekitar 38 juta kilometer persegi.

"Jika Anda memilih sepetak kilometer persegi tanah, itu akan dihantam oleh salah satu meteoroid berukuran pingpong sekali setiap seribu tahun atau lebih," kata Cooke memberikan perbandingan.