Indahnya Penampakan Jupiter, Venus, Mars, dan Saturnus Bersinar di Atas Manhattan

Sabtu, 16 April 2022 - 13:12 WIB
Alexander Krivenyshev, presiden WorldTimeZone.com, menangkap bidikan parade planet ini di atas Upper West Side Manhattan pada pagi hari tanggal 15 April 2022. (Foto/Alexander Krivenyshev/WorldTimeZone.com/Space.com)
NEW YORK - Mengabadikan penampakan benda langit dengan latar belakang kota besar bukanlah hal yang mudah. Namun, astronom amatir Alexander Krivenyshev berhasil membidik penampakan 4 planet yang sejajar di atas Manhattan pada pagi yang indah, Jumat 15 April 2022 waktu setempat.

Krivenyshev, merupakan presiden WorldTimeZone.com, mengambil foto dari Guttenberg, New Jersey, yang terletak di seberang Sungai Hudson dari New York City. Foto yang diperoleh menunjukkan Jupiter, Venus, Mars dan Saturnus bersinar di atas lampu-lampu kota di langit fajar yang cerah.

"Dengan astrofotografi perkotaan, awan tinggi dan langit yang tercemar cahaya memberikan satu jendela waktu yang singkat, untuk mendapatkan bidikan seperti itu,” tulis Krivenyshev dalam email ke Space.com yang dikutip SINDOnews, Sabtu (16/4/2022).

Pada Jumat pagi, dari sebuah jendela muncul Jupiter naik di atas lapisan awan sementara tiga planet lainnya masih terlihat lebih tinggi di langit. Parade planet sebelum fajar akan berlanjut sepanjang April.

Krivenyshev adalah astrofotografer ulung, dan planet bukanlah satu-satunya targetnya. Pada 2017, misalnya, dia menangkap foto-foto menakjubkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) melintasi permukaan bulan yang hampir purnama.

Dia juga memotret ISS yang sedang transit matahari. Bidikan semacam itu memerlukan filter surya khusus, jadi jangan coba menirunya kecuali Anda memiliki perlengkapan yang tepat dan tahu apa yang Anda lakukan; jika tidak, Anda dapat merusak instrumen dan mata Anda secara serius.

“Jika Anda mencari teropong atau teleskop untuk melihat planet di langit malam, lihat panduan kami untuk teropong dan teleskop terbaik. Jika Anda membutuhkan peralatan fotografi, pertimbangkan kamera terbaik kami untuk astrofotografi dan lensa terbaik untuk astrofotografi untuk mempersiapkan pemandangan planet berikutnya,” tulis Krivenyshev.