Misteri Interior Planet Mars Perlahan Mulai Dipetakan

Selasa, 27 Juli 2021 - 20:07 WIB
loading...
Misteri Interior Planet Mars Perlahan Mulai Dipetakan
Planet Mars, FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - Misteri bagian dalam atau interior Planet Mars telah terungkap berkat data gempa mars yang dikumpulkan oleh rover robotika milik NASA, InSight.

InSight telah mengumpulkan dan mendeteksi ratusan gempa mars sejak mendarat di planet merah tersebut pada 2018.

Para ilmuwan di seluruh dunia bekerja sama untuk memetakan apa yang terjadi di bawah permukaan Mars untuk pertama kalinya.

Ketebalan, struktur kerak dan mantel atas, serta pengungkapan inti cair dirinci di tiga makalah yang diterbitkan di Science, dikutip dari Mashable, Selasa (27/7/2021).

Inti cair dari tetangga planet Bumi itu rupanya cukup menyimpang dari karakteristik terdalam planet kita.

Sebagian besar terdiri dari paduan besi-nikel, inti Mars memanjang sekitar 1.100 mil dari pusat. Sementara itu, inti dalam bumi juga sebagian besar merupakan paduan besi-nikel tetapi merupakan bola padat dan padat dengan radius di bawah 800 mil.

Makalah tersebut juga menggambarkan lapisan kerak setipis Bumi, hanya mencapai sekitar 15 hingga 45 mil di bawah permukaan.

Kesimpulan baru ini diambil dari pengukuran yang dilakukan oleh seismometer InSight, yang mengukur getaran gempa saat bergetar melalui interior Mars.

Dengan mengukur kecepatan dan intensitas gempa saat mereka melakukan perjalanan di seluruh lapisan planet, para ilmuwan mengumpulkan gagasan tentang komposisi planet.

Sementara gempa mars ini membuat manusia lebih dekat untuk mengkonfirmasi susunan bagian dalam Mars.Namun ini masih berupa hipotesis berdasarkan data yang tersedia.

Dengan semua data baru ini, para ilmuwan kini lebih siap untuk mengembangkan sejarah pembentukan Mars. Mempelajari bagaimana planet lain terbentuk dapat memberikan wawasan lebih lanjut tentang pembentukan tata surya dan planet yang manusia huni.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1413 seconds (0.1#10.140)