Bikin Sel Kulit Jadi 30 Tahun Lebih Muda, Ini Teknik Baru yang Ditemukan Ilmuwan Inggris

Selasa, 19 April 2022 - 17:51 WIB
Para peneliti di Inggris telah mengembangkan cara untuk mengembalikan proses penuaan pada sel-sel kulit. Bahkan dengan teknik baru yang ditemukan ini, membuat sel kulit menjadi 30 tahun lebih muda. Foto/Cerave
LONDON - Para peneliti di Inggris telah mengembangkan cara untuk mengembalikan proses penuaan pada sel-sel kulit . Bahkan dengan teknik baru yang ditemukan ini, membuat sel kulit menjadi 30 tahun lebih muda.

Metode yang dikembangkan oleh Diljeet Gill, kandidat postdoctoral di Babraham Institute di Cambridge, diterbitkan 8 April di jurnal eLife. Metode ini dijuluki “pemrograman ulang transien fase pematangan”.

Penelitian baru ini sebagian didasarkan pada metode Shinya Yamanaka, yang secara genetik memprogram ulang sel-sel kulit tikus dan mengubahnya menjadi apa yang disebut sel punca pluripoten terinduksi, atau iPSC, pada tahun 2006. iPSC ini menyerupai sel pada perkembangan awal, yang berpotensi untuk membentuk jenis sel apa pun dalam tubuh.

Tetapi ada perbedaan utama, metode Yamanaka memakan waktu sekitar 50 hari dan sepenuhnya memprogram ulang sel ke usia biologis embrio. Sedangkan metode Gill hanya memakan waktu 13 hari dan hanya memprogram ulang sebagian sel sehingga tetap mempertahankan identitasnya (dalam hal ini, identitas sel kulit).

Para peneliti menerapkan teknik ini pada fibroblas (jenis sel kulit yang umum) dari tiga pendonor paruh baya – yang rata-rata berusia sekitar 50 tahun. Kemudian membandingkannya dengan sel yang lebih muda dari pendonor berusia 20 hingga 22 tahun. Sel tua mirip dengan sel yang lebih muda, baik secara kimiawi maupun genetik.

Ketika dieksplorasi lebih jauh, tim tersebut bahkan memperhatikan bahwa teknik tersebut telah mempengaruhi gen yang berkaitan dengan penyakit terkait usia, seperti penyakit Alzheimer dan katarak. Selain itu, Gill dan rekan-rekannya melihat perilaku fibroblas untuk menentukan apakah mereka juga dapat bertindak seperti sel kulit yang lebih muda.

Ketika mereka melukai lapisan sel, mereka menemukan bahwa sel-sel yang diremajakan dengan cepat bergerak untuk mengisi celah. Cara yang sama seperti sel-sel yang lebih muda berperilaku ketika menyembuhkan luka.

Sementara mengubah sel dewasa menjadi sel induk sangat bagus untuk penelitian, proses pemrograman ulang yang lengkap untuk terapi. Sel yang sepenuhnya diprogram ulang kehilangan identitas dan fungsi sel khusus.

Sebaliknya, sebagian sel yang diprogram ulang, seperti sel kulit dalam penelitian Gill, menjadi lebih muda secara biologis dan mempertahankan fungsi sel khusus. Meskipun mereka masih berpotensi menimbulkan risiko kanker.

“Hasil kami mewakili langkah maju yang besar dalam pemahaman kami tentang pemrograman ulang sel. Kami telah membuktikan bahwa sel-sel dapat diremajakan tanpa kehilangan fungsinya dan peremajaan itu terlihat untuk mengembalikan beberapa fungsi ke sel-sel tua," kata Gill dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Selasa (19/4/2022).

Sementara itu, Ben Van Handel, ahli biologi sel punca dan salah satu pendiri perusahaan perawatan kulit Heraux dan perusahaan biofarmasi CarthroniX, mengatakan bahwa teknik ini tidak akan pernah digunakan dalam pengaturan klinis karena merupakan jenis terapi gen yang tidak mungkin dilakukan pada manusia.

“Masih banyak kekhawatiran tentang sel-sel ini menjadi kanker dan mengendalikan seberapa jauh proses peremajaan di masa lalu. Cara melakukannya tidak akan dapat diterapkan di dunia nyata, [tetapi] penelitian ini berharga,” katanya.