Ini 5 Robot Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Rp36,1 Miliar

Senin, 25 April 2022 - 22:41 WIB
loading...
Ini 5 Robot Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Rp36,1 Miliar
Sejauh ini diketahui ada 5 robot termahal di dunia dan rekor tertimggi dipegang robot teknologi Jepang, Asimo. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Robot termahal di dunia bisa mencapai harga USD2,5 juta atau setara Rp36,1 miliar. Sejauh ini diketahui ada 5 robot termahal di dunia dan rekor tertimggi dipegang robot teknologi Jepang, Asimo

Robot merupakan teknologi mutakhir yang terus dikembangkan oleh manusia. Berbagai jenis robot dengan beragam kegunaan telah diciptakan hingga saat ini.

Robot modern pertama muncul pada tahun 1928. Namun, Jetsons meramalkan pada tahun 1960-an bahwa robot akan menjadi bagian integral dari kehidupan manusia di abad ke-21.

Baca Juga: Polisi AS Luncurkan Robot Patroli

Dilansir dari robotsite.net berikut robot termahal di dunia:

1. Asimo – Senilai Rp36,1 miliar

Robot termahal di dunia adalah robot humanoid Asimo. Robot ini diciptakan sebagai bagian dari program robotika Honda. Robot ini dapat beroperasi di tempat ramai.

Selain itu, robot ini dapat beradaptasi dengan lingkungan apa pun dan bisa berjalan di permukaan apapun. Robot Asimo juga bisa menari.

Teknologi lainnya, Asimo bisa berlari dengan kecepatan 9 kilometer per jam. Robot ini adalah satu-satunya robot humanoid yang mampu naik dan turun tangga tanpa bantuan apa pun.

Mereka juga dapat membuat gerakan dalam jumlah terbatas karena mereka dapat membaca gelombang otak pengguna.

2. Valkyrie – Senilai Rp28,9 miliar

Valkyrie adalah robot humanoid. NASA merancang robot termahal di dunia ini untuk beroperasi di lingkungan yang parah dan tidak aman.

Robot menerima perintah dari manusia dan dapat melakukan tugas tertentu yang meliputi memutar katupnya. Ini adalah salah satu robot paling mahal, yang mampu menganalisis lingkungannya dengan laser yang terpancar dari kepalanya.

Sonar yang datang dari daerah perut juga membantu melakukan hal yang sama. Selain itu, ini berisi 200 sensor individu.



3. Atlas – Senilai Rp28,9 miliar

Ini adalah Robot humanoid paling dinamis di dunia yang dikembangkan oleh perusahaan robotika Amerika Boston Dynamics. Mereka memperkenalkan ini pada tahun 2013.

Ini adalah salah satu robot termahal di dunia yang bisa berjalan di atas permukaan yang luas. Robot ini memiliki sensor yang mampu merasakan lokasi rintangan untuk menghindarinya.

Selain itu, Atlas dapat memeriksa medan, menavigasi, dan memanipulasi objek. Selain itu, Atlas dapat melompat dan berputar hingga 180 derajat.



4. Kuratas – Senilai Rp18,7 miliar

Kuratas adalah robot termahal di dunia yang bisa ditunggangi. Perusahaan Jepang Suidobashi Heavy Industry membangun ini pada tahun 2012. Kurtas dapat mengambil benda dan dapat dilengkapi dengan aksesoris.

5. Hubo II – Senilai Rp5,7 miliar

Pusat penelitian robot humanoid Korea membuat Hubo II. Pergelangan tangannya bisa berputar secara alami. Apalagi bisa berjalan dan berlari. Robot paling mahal di dunia itu juga bisa menari.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2383 seconds (0.1#10.140)