China Kuasai Dunia Robot! Robot Humanoid China Siap Gantikan Pekerja Manusia?

Senin, 26 Agustus 2024 - 18:06 WIB
loading...
China Kuasai Dunia Robot!...
Sebuah robot industri dipamerkan di World Robot Conference 2024 di Beijing, China, pada 22 Agustus 2024. Foto: SCMP
A A A
JAKARTA - China menjadi pasar robot industri terbesar di dunia selama 11 tahun berturut-turut. Demikian disampaikan wakil menteri di Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi (MIIT) di World Robot Conference 2024 yang berlangsung di Beijing, belum lama ini.

Data menunjukkan bahwa pada 2023, produksi robot industri China telah mencapai 430.000 unit. “Sementara instalasi robot baru di negara ini menyumbang lebih dari setengah pasar global selama tiga tahun terakhir,” kata Wakil Menteri Xin Guobin.

Setelah satu dekade perkembangan pesat, China telah menjadi pendorong kuat pertumbuhan industri robot global, tambah Xin.

Xin mengatakan, industri robot China telah membuat kemajuan besar dalam inovasi dan pengembangan. Terobosan baru telah dicapai dalam penelitian dan pengembangan teknologi persepsi bionik, kognisi, perencanaan, dan kontrol.

China Kuasai Dunia Robot! Robot Humanoid China Siap Gantikan Pekerja Manusia?

Hingga Juli 2024, China memiliki lebih dari 190.000 paten terkait robot yang efektif atau sekitar dua pertiga dari total global.

Menurut Xin, China sedang memperdalam implementasi inisiatif "Robot plus Application", mempromosikan integrasi robot di berbagai industri.

Selama 10 tahun terakhir, jumlah robot per 10.000 pekerja di sektor manufaktur China telah melonjak dari 49 menjadi 470.

World Robot Conference 2024 diikuti oleh 169 perusahaan dari seluruh dunia. Termasuk pemain global seperti Tesla dan Siasun.

Perusahaan yang berpartisipasi di World Robot Conference 2024 memamerkan lebih dari 600 unit robot, dengan lebih dari 60 di antaranya melakukan debut dunia mereka di konferensi tersebut.

Ledakan Robot Humanoid
China Kuasai Dunia Robot! Robot Humanoid China Siap Gantikan Pekerja Manusia?

Robot humanoid di World Robot Conference 2024 di Beijing, China, pada 22 Agustus 2024. Foto: SCMP

Tahun 2024 diprediksi bakal jadi tahun kunci bagi robot humanoid untuk keluar dari laboratorium dan masuk ke ritel. Pasar global untuk robot humanoid diperkirakan akan mencapai USD154 miliar pada 2035, prediksi bank investasi Goldman Sachs.

Memanfaatkan keunggulan dalam rantai industri, skenario konsumsi, basis data, dan dukungan kebijakan, China tumbuh menjadi kekuatan aktif dalam industri robot humanoid global.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2194 seconds (0.1#10.140)