Animasi Ini Menunjukkan Ukuran Sebenarnya Planet di Tata Surya, Betapa Kecilnya Bumi

Minggu, 01 Mei 2022 - 09:54 WIB
Animasi yang dibuat astronom planet James ODonoghue dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), cukup membantu kita membayangkan bentuk sebenarnya planet di tata surya.Foto/@physicsJ/Twitter, NASA/JHUAPL/SwRI Imagery
TOKYO - Sulit membayangkan bagaimana bentuk dan ukuran sebenarnya planet-planet dalam tata surya kita. Animasi yang dibuat astronom planet James O'Donoghue dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), cukup membantu kita membayangkan bentuk sebenarnya planet di tata surya.

James O'Donoghue men-tweet animasi singkat yang dimulai dengan planet kerdil Ceres, dan mengurutkan ke objek Tata Surya yang ukurannya semakin besar (termasuk Bumi). Kemudian, ditutup dengan menyajikan bentuk Matahari yang begitu besar.

Dengan animasi ini membuat kita benar-benar memahami bentuk tata surya kita. Bahkan jika Anda mengetahui ukuran relatif dari segala sesuatu di Tata Surya, cukup dengan membandingkan betapa besarna ukuran Jupiter dan Matahari.

Dalam klip video berdurasi 45 detik yang cukup memukau, Anda akan mengetahui beberapa perbandingan skala di balik animasi. Misalnya, planet Bumi memiliki lebar 12.742 kilometer atau 7.918 mil.

Kemudian dibandingkan dengan planet Jupiter, yang memiliki diameter 139.820 kilometer atau 86.880 mil, 10 kali lebih besar dari Bumi. Diameter Matahari sekitar 1,39 juta kilometer (863.706 mil), sehingga jaraknya sekitar 10 kali lebih besar dari Jupiter, dan lebih dari 100 kali lebih besar dari Bumi.

Dengan kata lain, sekitar satu juta Bumi bisa masuk ke Matahari. Anda mungkin tidak pernah menyadari seberapa cepat Jupiter berputar relatif terhadap Bumi. Melalui animasi yang dibuat, James O'Donoghue menunjukkan skala Tata Surya yang menakjubkan.