Kamis, 09 Desember 2021 - 08:33 WIB
Penampakan Planet Besar Ini Bikin Takjub Astronom, 10 Kali Ukuran Jupiter
Foto ESO yang diterbitkan bulan ini adalah citra pertama yang tampak dari planet tersebut sejak diidentifikasi. Planet b Centauri (AB)b dicitrakan tetapi tidak dikenali dalam tangkapan teleskop sebelumnya. Foto/Skyandtelescope
PENAMPAKAN satu planet raksasa yang mengorbit pada sepasang bintang yang panas membuat para astronom takjub. Planet yang diberi nama "b Centauri (AB)b" atau "b Centauri b," berukuran 10 kali lebih besar dari Jupiter ditemukan mengorbit pada sepasang bintang raksasa.

Planet b Centauri (AB)b yang baru ditemukan adalah sebuah planet ekstrasurya, sebuah planet yang terletak di luar tata surya kita. Planet ini berukuran 10 kali lebih besar dari Jupiter, menjadikannya salah satu planet paling masif yang pernah ditemukan. (Baca juga; Astronom Temukan Planet Ekstrasurya Terpanas Kedua, Mengorbit hanya 16 Jam )

Penemuan planet ini pernah diungkap pada bulan Juli dan secara resmi diterbitkan di Nature pada Rabu 8 Desember 2021. Penemuan ini membuat takjub para astronom karena planet besar ini mengorbit pada sepasang bintang yang panas berukuran 3 kali lebih besar dari Matahari.

"Sampai sekarang, tidak ada planet yang terlihat di sekitar bintang yang ukurannya tiga kali lebih besar dari Matahari," tulis European Southern Observatory (ESO) yang memotret planet tersebut dari Very Large Telescope (VLT) di gurun Cile dikutip SINDOnews, Kamis (9/12/2021) dari laman nbcnews.

Para ilmuwan takjub karena sepasang bintang yang panas sebelumnya dianggap bukan lingkungan yang memungkinkan sebuah planet terbentuk. Sepasang bintang "tipe-B", yang berada di pusat tata surya di konstelasi Centaurus, sangat masif dan panas. (Baca juga; Astronom Temukan Kandidat Planet ke-9 Pengganti Pluto )
Penampakan Planet Besar Ini Bikin Takjub Astronom, 10 Kali Ukuran Jupiter

Astronomi Universitas Stockholm Prof Markus Janson menjelaskan, sepasang bintang besar ini memancarkan sejumlah besar ultraviolet berenergi tinggi dan radiasi sinar-x. Kondisi ini berdampak kuat pada gas di sekitarnya yang seharusnya bekerja melawan pembentukan planet.

“Ini benar-benar mengubah gambaran tentang bintang masif sebagai tuan rumah planet. Bintang tipe B umumnya dianggap sebagai lingkungan yang cukup merusak dan berbahaya, sehingga diyakini akan sangat sulit untuk membentuk planet besar di sekitar mereka,” kata Janson dalam siaran persnya.