Minggu, 01 Mei 2022 - 15:30 WIB
Ilmuwan Simpulkan Tidur Hibernasi ala Film Sains Fiksi Mustahil Dilakukan
Ilmuwan terus meneliti kemungkinan melakukan hibernasi dalam waktu belasan bahkan puluhan tahun. Foto: ist
AMERIKA - Seperti halnya film-film sains fiksi, para ilmuwan terus mencoba meneliti konsep tidur hibernasi pada manusia. Salah satunya, lewat metode menurunkan suhu tubuh manusia hingga mendekati suhu beku air dengan tujuan memperlambat fungsi sel dan otak.

European Space Agency baru saja mengumumkan hasil penelitian terbaru mereka terkait hibernasi untuk mengirim astronot ke luar angkasa.

Penelitian dilakukan oleh Roberto F. Nespolo dan Carlos Mejias dari Millennium Institute for Integrative Biology dan Francisco Bozinovic dari Pontifical Catholic University of Chile.

Ketiga ilmuwan tersebut berupaya mencari korelasi antara massa tubuh dan pengeluaran energi pada hewan yang berhibernasi. Mereka menemukan tingkat metabolisme minimum yang memungkinkan sel bertahan dalam kondisi dingin dan rendah oksigen.

Namun, dari hasil perhitungan mereka, penghematan energi yang diharapkan bisa mendekati keadaan hibernasi di manusia ternyata sangat sulit dilakukan.

Tidur Panjang
Ilmuwan Simpulkan Tidur Hibernasi ala Film Sains Fiksi Mustahil Dilakukan

Hibernasi merupakan kegiatan tidur panjang. Umumnya dilakukan oleh hewan berdarah panas. Misalnya beruang, burung, dan mamalia kecil lainnya. Tujuannya, untuk bisa bertahan hidup. Misalnya dalam kondisi musim dingin.

Ini karena saat musim dingin tiba, persediaan makanan akan berkurang. Maka, hewan-hewan ini harus istirahat hingga 9 bulan. Pada saat hibernasi, kondisi metabolisme hewan menurun. Mulai detak jantung, suhu tubuh hingga cadangan lemak akan dijadikan sumber energi selama tidur. Proses ini dapat memangkas pengeluaran energi hingga 98 persen dalam beberapa kasus, menghilangkan kebutuhan untuk berburu atau mencari makan.

Bahkan dalam keadaan tersebut, hewan-hewan yang hibernasi masih bisa kehilangan lebih dari seperempat berat tubuhnya karena membakar cadangan energi.

Para ilmuwan menerapkan matematika dasar yang sama pada manusia dewasa yang sedang berhibernasi. Diketahui bahwa asupan makanan harian manusia 12.000 kilojoule akan digantikan oleh kebutuhan hanya beberapa ratus kilojoule lemak tubuh.

Lewat skenario ini, para astronot yang berbaring di tempat tidur khusus hibernasi akan kehilangan lebih dari enam gram lemak sehari. Selama setahun, jumlahnya akan menjadi dua kilogram lemak.