Kapal Kargo Tianzhou 4 Sukses Kirim Pasokan Segar ke Stasiun Ruang Angkasa Tiangong

Selasa, 10 Mei 2022 - 20:17 WIB
loading...
Kapal Kargo Tianzhou 4 Sukses Kirim Pasokan Segar ke Stasiun Ruang Angkasa Tiangong
Empat mesin pendorong dan dua mesin tahap inti mendorong roket Long March 7 dari landasan peluncurannya di pangkalan peluncuran Wenchang, Senin 9 Mei 2022 malam.Foto/CCTV/Spaceflight
A A A
BEIJING - Kapal kargo Tianzhou 4 sukses merapat ke modul inti Tianhe di Stasiun Luar Angkasa Tiangong yang sedang dibangun di China, pada Senin 9 Mei 2022 malam. Tianzhou 4 mengirimkan ribuan pon persediaan segar, propelan, dan eksperimen sains ke Tianhe.

Pejabat antariksa China mengatakan, kedatangan Tianzhou 4 sesuai rencana, sekitar 6,5 jam setelah pesawat ruang angkasa kargo lepas landas di atas roket Long March 7 dari Pusat Peluncuran Satelit Wenchang di Provinsi Hainan, China selatan. Modul inti Tianhe telah menjadi tujuan utama sejak diluncurkan pada April 2021.

Modul inti Tianhe telah dikunjungi oleh dua misi berawak, yaitu Shenzhou 12 dan Shenzhou 13, yang kembali ke Bumi bulan lalu. Ada juga tiga kapal kargo, yaitu Tianzhou 2, Tianzhou 3 dan sekarang Tianzhou 4.

Baca juga; Pesawat Kargo China Mendarat di Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Kapal kargo Tianzhou 4 memiliki sepanjang 10,6 meter mengirimkan ribuan pon persediaan ke modul inti Tianhe. Saat ini modul inti tidak berpenghuni dan dipersiapkan untuk membantu kedatangan misi berawak Shenzhou 14 yang akan datang.

Shenzhou 14 akan mengirim tiga taikonot (astronot) ke modul inti Tianhe yang memiliki panjang 16,6 meter untuk tinggal sekitar enam bulan. Misi tersebut diperkirakan akan diluncurkan bulan depan, namun belum pasti tanggalnya.
Kapal Kargo Tianzhou 4 Sukses Kirim Pasokan Segar ke Stasiun Ruang Angkasa Tiangong


Diketahui China tidak mengumumkan tanggal peluncuran atau banyak detail lainnya, hingga sesaat sebelum lepas landas. Modul inti Tianhe akan semakin sibuk dalam beberapa bulan mendatang. Karena China berencana untuk menyelesaikan pembangunan stasiun luar angkasa Tiangong pada akhir tahun ini, setidaknya membutuhkan lima peluncuran lagi.

Baca juga; Tahun Depan, China Akan Mulai Bangun Stasiun Luar Angkasa

Dua dari lima peluncuran itu akan membawa dua modul lab lainnya untuk ditempatkan di orbit, yaitu Wentian dan Mengtian. Modul-modul ini akan dipasang di kedua sisi Tianhe, membentuk pos terdepan berbentuk T berukuran sekitar 20% dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3052 seconds (10.55#12.26)