Kejutan, Tanah di Bulan Berhasil Kembangkan Benih Tanaman

Sabtu, 14 Mei 2022 - 13:36 WIB
loading...
Kejutan, Tanah di Bulan Berhasil Kembangkan Benih Tanaman
Penelitian pertumbuhan tanaman dengan menggunakan tanah dari bulan merupakan upaya manusia mengembangkan tanaman di luar bumi. Foto/Ilustrasi-IST
AMERIKA SERIKAT - Para ilmuwan telah berhasil mengembangkan benih tanaman dengan tanah bulan untuk pertama kalinya. Hal itu jadi kejutan dan langkah yang sangat penting untuk membuat masa tinggal di bulan jadi lebih panjang.

Dalam penelitian itu, ilmuwan dari University of Florida menggunakan sampel tanah yang diambil oleh para astronot NASA misi Apollo. Para astronot yang berangkat ke bulan pada periode 1969-1972 itu juga membawa sampel tanah bulan untuk kepentingan penelitian.

Sampel itulah yang kemudian digunakan oleh peneliti dari University of Florida dengan menaruh benih tanaman . Hasilnya benih tanaman yang ada di sampel tanah bulan, justru mulai berkembang hingga hari keenam.

"Kami benar-benar sangat terkejut dengan hasil ini. Setiap benih berkembang identik hingga hari keenam," jelas Anna-Lisa, peneliti dari University of Florida.



Baca juga : Elon Musk Tidak Takut Masuk Neraka karena Sebagian Besar Orang Ada di Sana

Kejutan, Tanah di Bulan Berhasil Kembangkan Benih Tanaman


Setelah hari keenam menurut Anna-Lisa memang ada perubahan besar. Pertumbuhan benih tanaman justru seakan berjalan pelan. Bahkan hingga hari-hari selanjutnya malah terlihat tertahan.

Hanya saja hasil itu menurut Anna-Lisa tetap jadi sebuah perkembangan positif. Pasalnya masih ada peluang untuk mengembangkan capaian yang mereka dapatkan.

"Penelitian ini sangat penting untuk tujuan eksplorasi manusia jangka panjang NASA karena kita perlu menggunakan sumber daya yang ditemukan di bulan dan Mars untuk mengembangkan sumber makanan bagi astronot masa depan yang tinggal dan beroperasi di luar angkasa," kata kepala NASA Bill Nelson.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA