Pertama Kali, Ilmuwan Cile Temukan Fosil Ichthyosaurus Utuh dalam Kondisi Hamil

Senin, 16 Mei 2022 - 20:40 WIB
loading...
Pertama Kali, Ilmuwan Cile Temukan Fosil Ichthyosaurus Utuh dalam Kondisi Hamil
Para peneliti dari Universitas Magallanes, Cile, menemukan sisa-sisa fosil Fiona, seekor ichthyosaurus betina hamil sepanjang empat meter. Foto/Reuters
A A A
SANTIAGO - Para peneliti dari Universitas Magallanes, Cile , menemukan sisa-sisa fosil Fiona, seekor ichthyosaurus betina hamil sepanjang empat meter. Ini adalah penemuan pertama fosil ichthyosaurus lengkap di Cile, berlokasi di gletser yang mencair jauh di dalam wilayah Patagonia.

Para ilmuwan menghabiskan waktu selama 31 hari dan menggunakan sebuah helikopter untuk mengambil sisa-sisa fosil ichthyosaurus yang utuh. Ini adalah satu-satunya ichthyosaurus betina yang hamil dari periode waktu - antara 129 dan 139 juta tahun yang lalu.

Penggalian ini membantu para peneliti mempelajari lebih lanjut tentang spesies hewan, paleobiologi perkembangan embrio, dan penyakit apa yang mungkin dideritanya selama hidupnya. Dari Gletser Tyndall di wilayah Patagonia Chili, para ilmuwan berhasil mengambil salah satu fosil ichthyosaurus terlengkap di dunia dengan embrio utuh.



Dikutip dari laman Thehansindia, Senin (16/5/2022), para ilmuwan menamai kadal laut purba yang diawetkan dan hamil itu "Fiona." Para ilmuwan akan dapat menyelidiki perkembangan embrio pada ichtyosaurus, yang hidup antara 90 dan 250 juta tahun yang lalu dan menjelajahi lautan.

Judith Pardo, ilmuwan yang menemukan fosil tersebut, menggambarkannya sebagai satu-satunya ichthyosaurus hamil yang telah ditemukan di bumi dari rentang waktu antara 129 dan 139 juta tahun yang lalu. Fosil itu ditemukan lebih dari satu dekade lalu oleh Pardo, ahli paleontologi di Pusat Penelitian Antartika GAIA Universitas Magallanes, tetapi kondisi suhu ekstrem situs, medan yang keras, dan keterpencilan membuat pencarian menjadi masalah logistik.
Pertama Kali, Ilmuwan Cile Temukan Fosil Ichthyosaurus Utuh dalam Kondisi Hamil


Fosil itu harus diangkut dengan helikopter keluar dari situs itu setelah para ilmuwan menghabiskan 31 hari untuk memindahkannya. Ahli paleontologi menyatakan mereka harus mengekstrak lima balok seberat 200 kilogram untuk menjaga tulang tetap utuh karena fosilnya sangat lengkap.



Fosil tersebut saat ini sedang dipersiapkan untuk dipamerkan di Museum Sejarah Alam Rio Seco Chili. Selama upaya tersebut, para ilmuwan menemukan 23 spesimen ichthyosaurus, sehingga totalnya menjadi sekitar 100 di Gletser Tyndall dan menjadikannya salah satu lokasi ichthyosaurus paling produktif dan terpelihara dengan baik di planet ini.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2044 seconds (0.1#10.140)