Mengungkap Harta Karun Para Firaun yang Tersimpan di dalam Piramida

Senin, 23 Mei 2022 - 15:00 WIB
loading...
Mengungkap Harta Karun Para Firaun yang Tersimpan di dalam Piramida
Kuburan Firaun Tutankhamun yang terkenal dengan patung emas dan perhiasan lainnya pertama kali ditemukan di 1925 oleh arkeolog Howard Carter. Foto/Griffith Institute.
A A A
MESIR - Live Science baru-baru ini merilis informasi menarik mengenai barang-barang berharga yang disimpan di dalam piramida tempat para firaun dikuburkan. Hal ini dilakukan karena masih banyak anggapan bahwa para bangsawan mesir kuno dikuburkan di dalam piramida bersama harta istimewa yang mereka punya.

Dugaan itu muncul saat arkeolog Inggris, Howard Carter menemukan kuburan firaun Tutankhamun di 1922. Saat itu dia menemukan harta yang sangat menakjubkan yakni topeng emas kematian Tutankhamun, mahkota dan sandal yang juga terbuat dari emas.

Dari situ tidak heran muncul dugaan, firaun lainnya yang telah lama meninggal dunia juga disemayamkan bersama barang-barang mewah . Benarkah demikian?

Wolfram Grajetzki, periset senior Mesir kuno dari University College, London, Inggris justru menjawab tidak. Tapi, jika perbandingannya adalah kuburan Tutankhamun.



3. Ratu Hetepheres (Berkuasa 2600 SM)
Mengungkap Harta Karun Para Firaun yang Tersimpan di dalam Piramida


Ratu Hetepheres dikenal sebagai ibu dari raja Mesir pertama yang membangun piramida, Firaun Kufu. Dengan posisi itu kuburan Ratu Hetepheres justru tidak terlalu mencolok. Berada di Giza, isi kuburannya adalah tempat tidur dan dua kursi yang memiliki dekorasi emas. Selain itu juga terdapat beberapa tembakar dan peralatan tembaga mini.

4. Sekhemkhet (Berkuasa 2611 SM)
Mengungkap Harta Karun Para Firaun yang Tersimpan di dalam Piramida


isi kuburan Firaun Sekhemkhet tergolong menarik. Hanya saja masih kalah jauh dibanding isi kuburan Tutankhamun. Setidaknya terdapat 21 gelang emas, tongkat atau tongkat kerajaan emas, dan berbagai barang perhiasan emas lainnya.

Meskipun ini adalah barang pemakaman yang mengesankan, mereka tidak mendekati kekayaan yang ditemukan di makam Tutankhamun.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)