Ilmuwan Ungkap Keberadaan Bakteri yang Bisa Membuat Orang Terlihat Menarik

Selasa, 24 Mei 2022 - 09:48 WIB
loading...
Ilmuwan Ungkap Keberadaan Bakteri yang Bisa Membuat Orang Terlihat Menarik
Toxoplasma gondii bakteri yang bisa membuat orang lebih menarik. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa parasit yang mengubah pikiran manusia, Toxoplasma gondii dapat membuat orang yang terinfeksi terlihat lebih menarik.

Seperti dilansir dari Science Alert, studi ini dilaporkan melalui sebuah publikasi dan dipimpin oleh penulis utamanya, Javier Borraz-Leon yang merupakan ahli biologi di Universitas Turku di Finlandia.



“Dalam sebuah penelitian, tikus jantan yang terinfeksi Toksoplasma dianggap lebih menarik secara seksual dan disukai oleh tikus betina yang tidak terinfeksi,” jelas studi tersebut.

Sebelumnya, beberapa penelitian telah menemukan bahwa parasit dapat menginfeksi mamalia atau burung apa pun.

Para ahli sering menyebut bahwa Toxoplasma gondii adalah parasit paling sukses di dunia saat ini.

Ketika menginfeksi manusia, seseorang akan menjadi pembawa Toksoplasma seumur hidup. Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa hal itu dapat mengubah perilaku manusia.

Ini menyebar ketika seseorang terkena kotoran kucing yang terinfeksi dan dari makanan yang terkontaminasi atau melalui kontak intim dengan orang yang terinfeksi.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa pria dan wanita yang terinfeksi terlihat lebih menarik dan lebih sehat daripada mereka yang tidak terinfeksi.

Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa beberapa parasit menular seksual seperti Toxoplasma gondii dapat menghasilkan perubahan dalam penampilan dan perilaku manusia.

Perubahan tersebut baik karena efek samping atau hasil manipulasi parasit untuk meningkatkan penyebaran ke inang baru.

"Meskipun terdengar aneh, para ilmuwan mengatakan bahwa fenomena tersebut masuk akal dari sudut pandang evolusi biologis," kata situs berita Science Alert.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)