Berhasil Kembali ke Bumi, Apakah Pesawat Luar Angkasa Starliner Boeing Diizinkan Menerbangkan Astronot?

Kamis, 26 Mei 2022 - 12:53 WIB
loading...
Berhasil Kembali ke Bumi, Apakah Pesawat Luar Angkasa Starliner Boeing Diizinkan Menerbangkan Astronot?
Kapsul Starliner Boeing mendekati pendaratan di White Sands Missile Range di New Mexico pada 25 Mei 2022. Foto/NASA TV/Space.com
A A A
FLORIDA - Pesawat ruang angkasa Starliner Boeing berhasil kembali ke Bumi dan mendarat selamat di White Sands Space Harbor, New Mexico, pada 25 Mei pukul 18:49 waktu setempat. Pendaratan itu menandai misi Orbital Test Flight 2 (OFT-2) tanpa awak Starliner Boeing ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) berjalan sukses.

Meskipun OFT-2 sekarang resmi sukses, Starliner memang mengalami beberapa masalah selama misi. Misalnya, dua pendorong pada modul layanan Starliner gagal selama penyisipan orbitalnya terbakar, yang terjadi sekitar 30 menit setelah peluncuran.

Sebuah pendorong cadangan dengan cepat mengkompensasi malfungsi, memungkinkan misi dilanjutkan tanpa insiden berarti. Tak lama setelah insiden itu, anggota tim misi menyatakan keyakinannya bahwa kegagalan pendorong tidak akan mempengaruhi sisa OFT-2.

Baca juga; Pertama Kali, Kapsul Boeing Starliner Sukses Berlabuh di ISS

Mereka juga menyatakan bahwa menentukan penyebab utama kemungkinan harus menunggu hingga inspeksi pasca-penerbangan Starliner. Jika inspeksi dan analisis lainnya berjalan dengan baik, NASA dapat mensertifikasi Starliner untuk penerbangan awak, yang berpotensi membuka jalan bagi misi uji pembawa astronot ke ISS dalam waktu dekat.

“Kami sedang menyiapkan kendaraan uji awak kami untuk digunakan pada akhir tahun ini,” kata kepala penerbangan antariksa manusia NASA Kathy Lueders dalam konferensi pers pra-peluncuran awal bulan ini.

Boeing menandatangani kontrak bernilai miliaran dolar dengan Program Kru Komersial NASA pada tahun 2014. SpaceX menandatangani kesepakatan serupa pada saat yang sama dan telah meluncurkan empat misi astronot operasional ke ISS dengan roket Falcon 9 dan kapsul Dragon.

Baca juga; Uji Coba Peluncuran Starliner ke ISS, Bawa 226 Kg Kargo Berisi Makanan

Diberitakan sebelumnya, kapsul Starliner diluncurkan menggunakan roket United Launch Alliance Atlas V Rocket pada malam 19 Mei 2022 dan tiba di ISS sekitar 24 jam kemudian. Setelah 5 hari di ISS, Starliner kembali ke Bumi dan meluncur pada 25 Mei 2022 pukul 14.36 waktu AS.

Kapsul Starliner itu melakukan pembakaran deorbit selama 58 detik, yang memperlambat kecepatannya hingga 459 kilometer per jam. Starliner terlepas dari modul beberapa menit setelah pembakaran selesai dan mulai terjun melalui atmosfer Bumi pada pukul 18.33.
Berhasil Kembali ke Bumi, Apakah Pesawat Luar Angkasa Starliner Boeing Diizinkan Menerbangkan Astronot?


Starliner menghantam udara planet kita dengan kecepatan sekitar 17 kali kecepatan suara. Pukul 18:44, di ketinggian hanya di bawah 9 kilometer, Starliner membuang pelindung panas dan mengerahkan dua parasut drogue, untuk memperlambat penurunan kendaraan secara signifikan.

Pada ketinggian sekitar 2,4 km, peluncuran drogue terlepas dan tiga parasut utama Starliner dikembangkan, untuk memperlambat kecepatan Starliner saat mendarat. Dengan jarak sekitar 0,9 kilometer, Starliner membuang pelindung panas dasarnya, memperlihatkan kantung udaranya, yang segera mengembang untuk menyerap benturan awal dengan tanah.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1211 seconds (10.101#12.26)