5 Sungai Terlebar di Dunia, Paling Lebar Jaraknya 48 Km

Sabtu, 28 Mei 2022 - 13:38 WIB
loading...
5 Sungai Terlebar di Dunia, Paling Lebar Jaraknya 48 Km
Sungai terlebar di dunia menjadi salah satu keunikan tersendiri di beberapa negara dan menjadi habitat mahkluk hidup. Foto/Sungai terlebar di dunia menjadi salah satu keunikan tersendiri di beberapa negara dan menjadi habitat mahluk hidup. Foto/Smapse
A A A
JAKARTA - Sungai terlebar di dunia menjadi salah satu keunikan tersendiri di beberapa negara dan menjadi habitat mahluk hidup. Sungai yang lebar menyediakan sejumlah besar bahan baku air bersih untuk air minum, pertanian, dan pembangkit listrik.

Berikut 5 sungai terlebar di dunia dengan sejumlah keunikan yang dirangkum SINDOnews dari laman Smapse, Sabtu (25/5/2022);

1. Amazon
5 Sungai Terlebar di Dunia, Paling Lebar Jaraknya 48 Km


Sungai Amazon merupakan sungai terluas di dunia dan memiliki volume air buangan terbesar. Pada musim hujan, Sungai Amazon lebarnya bisa mencapai 48 kilometer. Sedangkan selama musim kemarau, lebarnya sekitar 11 kilometer.

Menurut Extreme Science permukaan Sungai Amazon mencakup sekitar 110.000 km persegi selama musim kemarau. Luasnya menjadi lebih dari tiga kali lipat selama musim hujan menjadi 350.000 km persegi.



2. Missouri
5 Sungai Terlebar di Dunia, Paling Lebar Jaraknya 48 Km


Sungai Missouri merupakan sungai terbesar dan paling terkenal di Amerika Utara dan lebarnya mencapai 39 kilometer. Sungai Missouri akan menempuh lebih dari 2.300 mil sebelum bergabung dengan Sungai Mississippi di St. Louis.

Sungai Missouri membentuk sistem sungai terpanjang keempat di dunia saat mengalir ke selatan ke Teluk Meksiko. Sungai Missouri memberikan cadagan air yang berlimpah bagi pertanian dan sumber energi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)