Jarang Diketahui, Ini 5 Hewan yang Mempunyai Alat Kelamin Terpisah

Selasa, 31 Mei 2022 - 09:30 WIB
loading...
Jarang Diketahui, Ini 5 Hewan yang Mempunyai Alat Kelamin Terpisah
Sedikitnya ada lima hewan yang mempunyai alat kelamin terpisah. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima hewan yang mempunyai alat kelamin terpisah. Bagi sebagian orang, hal ini mungkin akan terdengar aneh. Namun faktanya hal itu benar adanya.

Fenomena semacam ini biasa disebut dengan hermafrodit. Dalam hal ini, istilah hermafrodit biasa diartikan sebagai individu yang memiliki dua alat atau organ kelamin, yaitu jantan dan betina.
Baca juga : Hewan-hewan dengan Ritual Seks yang Bikin Dahi Berkerut

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa hewan yang mempunyai alat kelamin terpisah :

1. Siput

Kebanyakan jenis siput diketahui sebagai hermafrodit. Terkecuali beberapa spesies tertentu seperti siput apel dan siput periwinkle. Biasanya, siput akan dewasa secara seksual pada saat mencapai usia satu tahun.

Dalam hal ini, siput sebagai hermafrodit tak hanya kawin dengan pasangannya. Melainkan juga bisa melakukan pembuahan sendiri dalam beberapa kasus yang terjadi.

2. Cacing

Hewan dari jenis invertebrata ini juga menambah proliferasi hermafroditisme. Sebagian cacing bisa melakukan pembuahan pada diri mereka sendiri. Namun, sebagian lainnya juga membutuhkan pasangan untuk bereproduksi.

Selama pembuahan, tubuh cacing akan bergabung bersama kepalanya dan menghadap ke arah berlawanan. Setelahnya mereka akan mengeluarkan sperma dan telur masing-masing.

Proses reproduksinya sendiri bisa terjadi di atas maupun bawah tanah. Waktu yang digunakan adalah ketika cacing telah memancarkan feromon yang menandakan siap untuk bereproduksi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)