Jarang Diketahui, Ini 5 Hewan yang Mempunyai Alat Kelamin Terpisah

Selasa, 31 Mei 2022 - 09:30 WIB
loading...
Jarang Diketahui, Ini 5 Hewan yang Mempunyai Alat Kelamin Terpisah
Sedikitnya ada lima hewan yang mempunyai alat kelamin terpisah. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima hewan yang mempunyai alat kelamin terpisah. Bagi sebagian orang, hal ini mungkin akan terdengar aneh. Namun faktanya hal itu benar adanya.

Fenomena semacam ini biasa disebut dengan hermafrodit. Dalam hal ini, istilah hermafrodit biasa diartikan sebagai individu yang memiliki dua alat atau organ kelamin, yaitu jantan dan betina.
Baca juga : Hewan-hewan dengan Ritual Seks yang Bikin Dahi Berkerut

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa hewan yang mempunyai alat kelamin terpisah :

1. Siput

Kebanyakan jenis siput diketahui sebagai hermafrodit. Terkecuali beberapa spesies tertentu seperti siput apel dan siput periwinkle. Biasanya, siput akan dewasa secara seksual pada saat mencapai usia satu tahun.

Dalam hal ini, siput sebagai hermafrodit tak hanya kawin dengan pasangannya. Melainkan juga bisa melakukan pembuahan sendiri dalam beberapa kasus yang terjadi.

2. Cacing

Hewan dari jenis invertebrata ini juga menambah proliferasi hermafroditisme. Sebagian cacing bisa melakukan pembuahan pada diri mereka sendiri. Namun, sebagian lainnya juga membutuhkan pasangan untuk bereproduksi.

Selama pembuahan, tubuh cacing akan bergabung bersama kepalanya dan menghadap ke arah berlawanan. Setelahnya mereka akan mengeluarkan sperma dan telur masing-masing.

Proses reproduksinya sendiri bisa terjadi di atas maupun bawah tanah. Waktu yang digunakan adalah ketika cacing telah memancarkan feromon yang menandakan siap untuk bereproduksi.

3. Ikan Badut

Sekitar 21 spesies keluarga ikan diketahui sebagai hermafrodit alami. Salah satunya adalah ikan badut. Biasanya, ikan badut lahir dalam satu jenis kelamin tertentu, namun dia bisa mengubahnya jika diperlukan.

Dalam hal ini, apabila terjadi sesuatu pada clownfish betina saat masa pemuliaan, pasangan jantannya bisa berganti kelamin menjadi betina dan mencari jantan lain sebagai pasangan barunya.
Baca juga : Ungkap Hewan-hewan Misterius di Amazon, Ilmuwan Pasang 57.000 Kamera

4. Bintang Laut

Bintang laut juga tercatat menjadi salah satu hewan hermafrodit. Sebagian spesiesnya adalah hermafrodit simultan yang menghasilkan telur dan sperma secara bersamaan. Sedangkan sebagian lainnya adalah hermafrodit berurutan.

Pembuahan pada bintang laut umumnya bersifat eksternal. Pada sebagian besar jenisnya, telur dan sperma akan dilepaskan begitu saja ke dalam air. Sedangkan embrio dan larva yang dihasilkan hidup sebagai bagian dari plankton.

5. Ikan Bass Laut

Spesies Ikan Bass Laut umumnya banyak dijumpai di Amerika Serikat. Tepatnya dari Maine ke Florida Keys. Jenis ikan ini menjadi salah satu hermafrodit dan dapat merubah kelaminnya dari betina ke jantan.

Dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan, ikan bass laut akan mengganti jenis kelaminnya sesuai kebutuhan. Jadi, apabila mereka melihat spesies jantan yang menurun, maka dia akan berubah kelamin menjadi jantan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2695 seconds (0.1#10.140)