Minggu, 05 Juni 2022 - 08:00 WIB
Ngeri, Manusia Bakal Perang dengan 4 Kelompok Alien di Bima Sakti
Perang antara manusia dan 4 kelompok alien dalam penelitian Alberto Caballero justru tidak lebih berbahaya dibanding asteroid yang menabrak bumi. Foto/Live Science
JAKARTA - Sebuah tulisan ilmiah berjudul "Memperkirakan Prevalensi Kejahatan Peradaban Luar Bumi" yang dibuat Alberto Caballero oleh peneliti dari University of Vigo, Spanyol, menyebutkan adanya potensi perang antara manusia dengan 4 kelompok alien di bima sakti. Penelitian yang terunggah di ruang publikasi ilmiah arXiv itu menyebutkan adanya potensi kontak antara manusia dengan kelompok alien.

Alberto Caballero mengawali penelitian itu dengan background yang unik. Sepanjang sejarah manusia, invasi ke negara-negara lain selalu terjadi. Jika memang dimungkinkan menginvasi ke planet-planet lain yang ada di tata surya Bima Sakti juga akan dilakukan.

“Makalah ini mencoba memberikan perkiraan prevalensi peradaban luar angkasa adanya kemungkinan bahwa kita, sebagai peradaban manusia, akan menyerang planet ekstrasurya yang berpenghuni,” tulis Alberto Caballero.

Dalam makalah itu Anton Caballero menghitung jumlah negara yang menginvasi negara lain sepanjang tahun 1915 hingga 2022. Dia menemukan bahwa total 51 dari 195 negara di dunia telah melakukan invasi selama periode itu. Kemudian, dia menimbang probabilitas setiap negara untuk meluncurkan invasi berdasarkan persentase negara itu dari pengeluaran militer global.

Ngeri, Manusia Bakal Perang dengan 4 Kelompok Alien di Bima Sakti

Dari sana, Anton Caballero menambahkan probabilitas individu masing-masing negara untuk memicu invasi, lalu membagi jumlah tersebut dengan jumlah total negara di bumi. Hasil yang dia dapatkan kemudian dijadikan persentase kemungkinan manusia menyerang peradaban lain di luar bumi.

Saat ini menurut Anton Caballero invasi yang dilakukan manusia ke planet lain tidak dimungkinkan karena teknologi yang belum memadai. Sebaliknya ketika manusia sudah mampu melakukan perjalanan antar galaksi maka potensi invasi akan sangat terbuka.

Potensi pertempuran antara kelompok alien didasari oleh Anton Caballero berdasarkan penelitian lain yang terpublikasi di jurnal Mathematical SETI. Dalam laporan itu peneliti menyebutkan terdapat 17.785 peradaban alien yang diperkirakan berbagai galaksi dengan manusia.

Melalui perhitungan matematika skala Kardashev Anton Caballero menyebutkan setidaknya ada 4 kelompok alien yang bakal berperang dengan manusia. Keempat kelompok alien itu merupakan Tipe 1 berdasarkan perhitungan skala Kardashev.

"Penelitian ini didasarkan pada kejadian-kejadian yang pernah terjadi pada manusia dimana invasi selalu jadi bagian hidup. Bukan dari perspektif kelompok alien itu sendiri," jelasnya.