3 Astronot China Tiba di Stasiun Luar Angkasa Tiangong, Bertugas Selama 6 Bulan

Senin, 06 Juni 2022 - 14:19 WIB
loading...
3 Astronot China Tiba di Stasiun Luar Angkasa Tiangong, Bertugas Selama 6 Bulan
Pesawat ruang angkasa Shenzhou 14 tiba di modul inti Tianhe Stasiun Luar Angkasa Tiangong sekitar 6 jam setelah lepas landas. Foto/CMSA/Space.com
A A A
BEIJING - Pesawat ruang angkasa Shenzhou 14 tiba di modul inti Tianhe Stasiun Luar Angkasa Tiangong sekitar 6 jam setelah lepas landas. Shenzhou 14 membawa 3 astronot dan diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Gurun Gobi pada 4 Juni 2022.

Tiga awak Shenzhou 14, yaitu komandan Chen Dong, Liu Yang dan Cai Xuzhe, diperkirakan akan menghabiskan waktu sekitar enam bulan di atas Tianhe (Harmony of the Heavens). Selama berada di modul Tianhe sepanjang 16,6 meter, mereka akan melakukan berbagai eksperimen ilmiah dan kegiatan pendidikan, melakukan beberapa perjalanan luar angkasa dan memasang beberapa peralatan baru di dalam dan di luar Tianhe.

“Kami bertiga relatif muda dalam hal usia. Tapi kami sepenuhnya siap, antusias dan percaya diri. Misi Shenzhou 14 adalah kunci untuk pembangunan stasiun ruang angkasa, dengan lebih banyak kesulitan dan tantangan yang lebih besar,” kata Chen kepada media saat konferensi pers dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Senin (6/6/2022).

Baca juga; Pesawat Kargo China Mendarat di Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Para astronot juga akan mengawasi kedatangan dua modul Tiangong lainnya, yaitu Wentian (Quest for the Heavens) dan Mengtian (Dreaming of the Heavens), yang dijadwalkan diluncurkan pada bulan Juli dan Oktober. Wentian dan Mengtian akan menempel di kedua sisi Tianhe, membentuk pos orbit berbentuk T sekitar 20% sebesar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Peluncuran dan kedatangan Shenzhou 14 di Tianhe melanjutkan tahun 2022 yang sibuk dalam penerbangan antariksa manusia. Sebelumnya ada dua misi berawak ke Tianhe, yaitu Shenzhou 12 dan Shenzhou 13, juga mengirim tiga astronot.
3 Astronot China Tiba di Stasiun Luar Angkasa Tiangong, Bertugas Selama 6 Bulan


Shenzhou 12 diluncurkan pada Juni 2021 dan berlangsung selama tiga bulan, misi Shenzhou 13 selama enam bulan diluncurkan pada Oktober dan kembali ke Bumi pada pertengahan April. Shenzhou 15 diperkirakan akan diluncurkan sekitar akhir tahun. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, Shenzhou 15 akan mengemban misi bersama dengan Shenzhou 14.

Baca juga; Rampungkan Pembangunan Stasiun Luar Angkasa Tiangong, China Siapkan 6 Misi Lagi

Menurut pejabat antariksa China, stasiun luar angkasa Tiangong telah selesai dibangun sekitar 20% dan betuknya lebih besar dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). China bulan lalu meluncurkan pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou 4 untuk mengirimkan ribuan pon persediaan, propelan, dan eksperimen sains ke Tianhe untuk mendukung misi Shenzhou 14.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1171 seconds (10.177#12.26)