Pluto Punya Lautan Bawah Tanah, Peneliti: Cocok untuk Warga Bumi

Rabu, 24 Juni 2020 - 04:38 WIB
loading...
A A A
Jika Pluto memiliki formasi yang cepat dan kasar, panas dari batu-batu yang bertabrakan akan memudar secara relatif cepat, menyebabkan cangkang es tumbuh dengan cepat, menghasilkan fitur ekstensional di awal sejarah Pluto. Pembekuan ini akan berhenti ketika panas dari radioaktivitas menjadi faktor utama dan berlanjut ketika elemen radioaktif rusak, perlahan-lahan menciptakan struktur ekstensional dari waktu ke waktu.

Fitur luar biasa yang dilihat para peneliti di permukaan es Pluto -misalnya, retakan pada cangkangnya, dan sistem bubungan dan palung yang membingungkan- menunjukkan Pluto memiliki awal yang panas.

"Saya pikir implikasi yang paling menarik adalah bahwa lautan di bawah permukaan mungkin umum di antara objek besar Sabuk Kuiper ketika mereka terbentuk," kata Bierson.

Temuan ini menunjukkan bahwa Pluto dan planet kerdil lainnya di Sabuk Kuiper, seperti Eris, Makemake dan Haumea, mungkin memiliki lautan di bawah permukaan sejak terbentuk. Ini mungkin telah mempengaruhi potensi kelayakhunian dari dunia es yang jauh ini, kata para peneliti.

"Pada titik ini, kita tidak tahu bahan-bahan atau resep yang diperlukan agar kehidupan muncul di dunia mana pun," kata Bierson. Tetapi, sambung dia, pihaknya berpikir air cair adalah unsur penting dan karya ini menunjukkan bahwa Pluto sudah lama memilikinya.

Bierson mengingatkan, New Horizons hanya dapat mengambil gambar resolusi tinggi sekitar setengah dari belahan bumi utara Pluto.

"Mungkin kebetulan kita melewatkan beberapa medan kuno yang mencatat kompresi skala besar," katanya. "Anda dapat membayangkan jika Anda hanya melihat geologi seperempat permukaan bumi, kita bisa belajar banyak, tetapi juga akan kehilangan beberapa konteks. Untuk saat ini, kami hanya dapat bekerja dengan apa yang kami miliki. Itu akan membutuhkan pesawat ruang angkasa lain untuk kembali dan gambar sisa permukaan untuk benar-benar mengetahui apa yang kami lewatkan," pungkasnya.

Para ilmuwan merinci temuan mereka ini secara online pada 22 Juni di jurnal Nature Geoscience.
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)