5 Penemuan Thomas Alva Edison yang Paling Terkenal

Senin, 13 Juni 2022 - 18:26 WIB
loading...
5 Penemuan Thomas Alva Edison yang Paling Terkenal
Thomas Alva Edison, seorang ilmuwan yang terkenal akan penemuannya hingga saat ini dan berguna bagi masyarakat luas. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Thomas Alva Edison, seorang ilmuwan yang terkenal akan penemuannya hingga saat ini dan berguna bagi masyarakat luas. Bahkan, Hasil penemuannya ini membuat banyak perubahan pada kehidupan manusia.

Melansir dari historyhit.com, Thomas Alva Edison sedikitnya memiliki 1093 penemuan yang paten atas namanya. Jumlah ini hampir dua kali lipat dari siapapun dalam sejarah Amerika. Edison bersama rekan rekannya melakukan segala hal untuk menciptakan berbagai produk, dan diantaranya adalah 5 penemuan yang paling terkenal. Berikut ulasannya :
Baca juga : Isamu Akasaki, Penemu Lampu LED Tutup Usia

1. Bola Lampu

Bisa dibilang ini adalah penemuan ikonik milik Thomas Alva Edison. Bola lampu pijar mulai dipatenkan pada tahun 1879. Demonstrasi pertamanya dilangsungkan pada tahun baru yang bertempat di Edison's Menlo Park.

Ini membuat New York sebagai kota yang pertama kali diterangi lampu. Sebenarnya penemu bola lampu pertama bukanlah Thomas Alfa Edison. Terdapat sekitar 20 jumlah lampu sebelum milik Edison. Namun lampu ini terkenal mahal dan mudah rusak.

Sementara milik Thomas ini jauh lebih ekonomis, awet dan dapat dipromosikan secara umum. Lampu pertama yang dibuat Edison dapat bertahan hingga 40 jam, yang kemudian dikembangkan menjadi lampu penerangan di New York.

Perusahaan Edison, Electric Illuminating Company, berhasil memasang jaringan lampu jalanan kota Manhattan sepanjang satu mil dengan menggunakan 6 dinamo besar sebagai sumber listriknya.

Layanan jaringan lampu perumahan pertama Edison mencakup 85 rumah dengan total 400 lampu. Langkah kecil ini berpengaruh sangat besar dalam dunia penerangan dan kelistrikan dunia.

2. Fonograf

Pada 21 November 1877, Thomas Alva Edison secara resmi dikenal sebagai penemu fonograf, perangkat yang populer saat itu, karena bisa merekam dan memutar suara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)