7 Syarat Planet Layak Huni untuk Manusia dan Makhluk Hidup, Nomor Terakhir Harus Berotasi

Kamis, 16 Juni 2022 - 10:08 WIB
loading...
7 Syarat Planet Layak Huni untuk Manusia dan Makhluk Hidup, Nomor Terakhir Harus Berotasi
Sedikitnya terdapat tujuh syarat planet layak huni untuk manusia dan makhluk hidup lain yang tersebar di seluruh alam semesta. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya terdapat tujuh syarat planet layak huni untuk manusia dan makhluk hidup lain yang tersebar di seluruh alam semesta . Berbagai penelitian pun telah dilakukan untuk mengetahui syarat apa saja yang dibutuhkan planet untuk mendukung kehidupan.

Melansir dari scienceabc.com, menurut NASA, agar benda angkasa dapat menopang kehidupan, harus ada wilayah perairan yang lebih luas, kondisi yang menguntungkan untuk perakitan molekul organik kompleks, dan sumber energi untuk menopang metabolisme.

Baca juga : Alien di 29 Planet Mengintip Manusia di Bumi, Cermati Planet Apa Saja

Dalam mengukur kelayakhunian sebuah planet, sejumlah faktor harus dipertimbangkan, termasuk komposisi massal planet, sifat orbit, atmosfer, dan potensi interaksi kimia.

Berikut tujuh syarat planet layak huni untuk manusia dan makhluk hidup :

1. Jarak dari Bintang

Planet layak dihuni harus memiliki jarak yang tepat dari bintang atau area yang biasa disebut zona habitasi (Habitable Zone atau juga disebut Goldilock Zone). Jika planet berada pada zona ini, maka planet tersebut bisa menjaga suhu kelembabannya.

Apabila terlalu dekat dengan bintang maka air yang berada di planet tersebut akan menguap dan jika terlalu jauh maka air akan membeku, sedangkan udara di atmosfer akan terkondensasi menjadi cair.

2. Massa

Massa planet ini mempengaruhi gaya gravitasinya. Apabila planet memiliki ukuran cukup besar maka akan cukup kuat untuk menahan air dan udara. Bila masa planet terlalu kecil maka planet tidak memiliki gravitasi yang cukup untuk menampung air dan zat zat lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1399 seconds (0.1#10.140)