Merpati Kura-Kura yang Disakralkan dalam Mitologi Kuno, Populasinya di Ambang Kepunahan

Senin, 20 Juni 2022 - 10:30 WIB
loading...
Merpati Kura-Kura yang Disakralkan dalam Mitologi Kuno, Populasinya di Ambang Kepunahan
Merpati kura-kura yang dikenal dalam mitologi kuno, adalah spesies burung yang paling cepat menurun di Inggris dan di ambang kepunahan. Foto/Avibirds
A A A
LONDON - Populasi merpati kura-kura sekarang hanya ada 2.100 pasangan yang berkembang biak di Inggris. Merpati kura-kura yang dikenal dalam mitologi kuno, adalah spesies burung yang paling cepat menurun di Inggris dan di ambang kepunahan .

Dikutip dari laman Dailymail, Senin (20/6/2022) survei nasional pertama dari burung yang terancam punah telah ditemukan. Diperkirakan jumlah merpati kura-kura saat ini tinggal 2.100 pasang di Inggris pada tahun lalu, atau turun drastis dari 125.000 pasang pada tahun 1970.

Sejumlah besar merpati kura-kura ditembak oleh pemburu di Eropa pada migrasi tahunan sejauh 3.000 mil untuk menghabiskan musim dingin di Afrika Sub-Sahara. Selain itu populasi merah kura-kura dianggap menurun karena kurangnya benih biji-bijian dari tanaman di musim semi dan musim panas.



Penelitian menunjukkan penurunan 98 persen dalam jumlah merpati kura-kura dalam setengah abad terakhir. “Meskipun hasil ini melukiskan gambaran yang jelas dengan angka-angka, jalan ke depan jelas dan kami memiliki peluang bagus untuk membalikkan nasib burung ini,” kata Andrew Stanbury dari RSPB, Ilmuwan Konservasi di Bagian Pemantauan.

Hampir 1.000 sukarelawan, petani, kelompok belajar dan klub burung daerah ambil bagian dalam survei tersebut. Konservasionis juga mengatakan mereka berharap jumlah burung merak kura-kura akan meningkat menyusul larangan berburu di Prancis, Spanyol, dan Portugal.

Sebuah proyek bernama Operation Turtle Dove, kemitraan antara RSPB, badan amal konservasi Fair to Nature, Pensthorpe Conservation Trust, dan Natural England, juga bekerja untuk memulihkan dan menciptakan habitat perkembangbiakan baru untuk satu-satunya spesies merpati migrasi jarak jauh di Eropa.


Merpati Kura-Kura yang Disakralkan dalam Mitologi Kuno, Populasinya di Ambang Kepunahan


Dikutip dari laman Avibirds, referensi tentang merpati kura-kura dikenal dalam mitologi Yunani dan Romawi. Dalam mitologi Yunani, merpati kura-kura menarik kereta emas sang Dewi Cinta Aphrodite, dan ini mungkin awal dari lambang merpati sebagai pesan cinta dan perdamaian.

Menurut penulis Romawi abad ke-3 Claudius Aelianus dalam karyanya yang terkenal 'De Natura Animalium' (Tentang sifat hewan) bahwa Dewi Panen Yunani Demeter, menganggap merapti kura-kura suci. Mungkin ini karena hubungan yang erat antara panen biji-bijian dan burung merpati kura-kura.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)