Inovasi Nyata Kao Indonesia dalam Mewujudkan Desa Wisata Bersih

Selasa, 21 Juni 2022 - 14:15 WIB
loading...
Inovasi Nyata Kao Indonesia dalam Mewujudkan Desa Wisata Bersih
Acara penandatanganan lerjasama Kao Indonesia dengan Kemenparekraf/Baparekraf Selasa (22/6/2022)/ FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kao Indonesia bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) RI berkolaborasi dalam Kemitraan Pentahelix sebagai upaya untuk mewujudkan Desa Wisata yang Bersih , Sehat, Aman, dan Lestari.


Sebagai Langkah percepatan pemulihan di sektor wisata dan ekonomi kreatif melalui program yang tepat sasaran dan sejalan dengan strategi ESG (Environmental, Social, Governance) Kao Indonesia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, turut menyaksikan penandatanganan Joint Statement antara Masahide Nishida selaku President Director PT Kao Indonesia dengan Henky Hotma Parlindungan Manurung selaku Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf yang dilakukan bertepatan dengan acara Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) Conference 2022.

“Kami sangat menghargai upaya Kao Indonesia melalui Kolaborasi Sinergis ini dengan mendukung pengembangan Desa Wisata dari sisi kesehatan dan kebersihan lingkungan yang tentunya sesuai dengan situasi serta kebutuhan yang dibutuhkan oleh Desa-desa Wisata sehingga sektor pariwisata dapat kembali bangkit dan bertumbuh.”

Program pengembangan Desa Wisata didukung dari berbagai aspek salah satunya adalah akomodasi lokal atau homestay, dimana tempat tinggal sementara ini memegang peranan penting dalam memberikan pengalaman baik dan menyenangkan kepada wisatawan.

Faktor kebersihan dan kenyamanan pun menjadi sebuah prioritas yang harus disediakan oleh pemilik homestay yang didominasi oleh penduduk lokal.

Oleh karena itu, guna mendukung dan meningkatkan standar kebersihan dan kenyamanan homestay di Desa Wisata, Kao Indonesia menyediakan 10.000 paket produk Kao Indonesia sebagai fasilitas penunjang (amenities) untuk homestay yang berada di Desa Wisata sehingga dapat meningkatkan minat wisatawan untuk menginap di homestay dan mengembangkan potensi Desa Wisata sebagai destinasi tujuan utama wisata dalam negeri.

Jeniagusliono S. S, Vice President Director PT Kao Indonesia mengatakan Kao sangat bangga dapat mendukung program Kemenparekraf/Baparekraf yang dimana hal ini sejalan dengan Strategi ESG dan Visi perusahaan untuk dapat berkontribusi meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan yang berkelanjutan.

'' Melalui kolaborasi ini, Kao Indonesia berupaya untuk memberikan wujud nyata kepada masyarakat Indonesia, melalui produk-produk kecantikan, kebersihan, dan kesehatan yang berkualitas.” tutur Jeniagusliono.

Sejak pandemi melanda dan masih berlangsung hingga saat ini, faktor kebersihan dan kesehatan menjadi perhatian utama di masyarakat dalam segala aspek, dan tentunya hal ini juga mempengaruhi pilihan destinasi wisata dan tempat penginapannya.

Peran serta semua pihak dibutuhkan tidak hanya pemilik homestay saja namun masyarakat di Desa Wisata harus turut berperan dalam membantu mengembangkan potensi ekonomi melalui hal fundamental yaitu turut menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di Desa Wisata tersebut.

“Keberadaan homestay yang bersih dan nyaman sangat diperlukan untuk mendukung potensi pengembangan Desa Wisata yang mampu memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat. Namun, dukungan dan peran serta masyarakat dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan desa juga tidak kalah penting. Oleh karena itu, kami berharap semoga Kerjasama Sinergis yang berlangsung saat ini dapat memberikan dampak nyata dan berkelanjutan terutama di Desa Wisata Prioritas yang menjadi sasaran kegiatan ini”, tutup Jeniagusliono S.S

Strategi ESG (Environmental, Social, Governance) Kao Indonesia, secara lokal diimplementasikan dalam payung tema Inovasi Untuk Peduli. Dimana nilai tersebut menjadi landasan atas semua inovasi dan aktivitas yang dilakukan Kao Indonesia dalam produk dan layanan yang selalu berdasarkan pada kepedulian terhadap peningkatan k ualitas hidup masyarakat dengan berfokus pada edukasi promosi kesehatan dan gaya hidup yang lebih berkelanjutan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)