Ini Hasil Foto Warganet Berburu Fenomena Langka 5 Planet Sejajar

Jum'at, 24 Juni 2022 - 07:55 WIB
loading...
Ini Hasil Foto Warganet Berburu Fenomena Langka 5 Planet Sejajar
Tampilan Sejajar Planet Mars, Venus, Jupiter, dan Saturnus. Foto: Twitter @aaybaaann
A A A
JAKARTA - Fenomena langka lima planet dan Bulan yang sejajar di langit pagi ini, Jumat (24/6), mendapatkan sambutan antusias oleh warganet.

Berdasarkan pantauan SINDOnews, ternyata memang cukup banyak warganet yang rela bangun pagi dan ”berburu planet” lewat ponsel mereka. Lalu, hasilnya dibagikan ke media sosial.

Bahkanbanyak sekali warganet yang mendapatkan foto yang luar biasa. Foto-foto tersebut mulai diunggah ke Twitter sejak pukul 4 pagi.

Walaupun memang tidak semua berhasil mengabadikan kelima planet dengan sempurna, tetapi sebagian besar dari mereka mampu mengabadikan fenomena langka.

Salah satu dampak yang bisa dirasakan 5 planet sejajar ini sama dengan dampak jika terjadi fenomena gerhana Matahari atau Bulan yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya gelombang air laut.

”Menariknya, fenomena langka ini bisa dilihat tanpa memerlukan alat khusus, selama cuaca cukup cerah,” kata peneliti di Institut Astronomi Universitas Edinburgh, Profesor Beth Biller.

Sementara itu, peneliti di Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangeran, menjelaskan bahwa fenomena ini dapat disaksikan selama kurang lebih 50 menit, sesuai dengan waktu fajar masing-masing wilayah.

”Sejak awal fajar astronomis atau 75 menit sebelum Matahari terbit sekitar pukul 04.30 waktu setempat, hingga akhir fajar bahari atau 25 menit sebelum Matahari terbit sekitar pukul 05.30 waktu setempat,” ujar Andi.

Nah, bagi yang tidak sempat menyaksikan secara langsung fenomena ini, berikut rangkuman beberapa foto 5 planet sejajar yang diabadikan warganet di Twitter:

“Ini benar-benar terjadi. Fenomena Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus sejajar di 2022. Kita tidak akan bisa melihatnya lagi sampai 2040,” ujar pemilik akun @aaybaaann.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1723 seconds (11.210#12.26)