6 Nama Lain Danau Tiberias, Nomor 5 Terkait Sejarah Romawi

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:32 WIB
loading...
6 Nama Lain Danau Tiberias, Nomor 5 Terkait Sejarah Romawi
Danau Tiberias yang juga dikenal sebagai Laut Tiberias merupakan danau air tawar yang besar dengan keliling 53 Kilometer. Danau Tiberias membentang 21 Kilometer dari Utara ke Selatan, lebar sekitar 13 kilometer. Foto/Aleteia/Earthobservatory
A A A
YERUSALEM - Danau Tiberias yang juga dikenal sebagai Laut Tiberias merupakan danau air tawar yang besar dengan keliling 53 Kilometer. Danau Tiberias membentang 21 Kilometer dari Utara ke Selatan, lebar sekitar 13 kilometer, memiliki kedalaman sekitar 43 meter.

Danau Tiberias berada di ketinggian 209 meter di atas permukaan laut, yang berarti posisinya merupakan danau air tawar terendah di Bumi dan danau terendah kedua di dunia setelah Laut Mati (danau air asin).

Danau Tiberias memiliki sejarah yang panjang, sehingga memiliki sejumlah nama yang berbeda disesuaikan masa dan tokoh yang berkuasa. Berikuti 4 nama lain Danau Tiberias dirangkum SINDOnews dari laman aleteia, Selasa (5/7/2022).

1. Laut Kinneret
6 Nama Lain Danau Tiberias, Nomor 5 Terkait Sejarah Romawi


Salah satu teori yang populer, nama Kinneret mungkin berasal dari kata Ibrani kinnor yang berarti harpa atau kecapi. Penyebutan ini diperkirakan berdasarkan dari bentuk danau yang mirip alat musik harpa atau kecapi.

Namun, ada teori lain, dan para ahli sepakat bahwa, nama Kinneret berdasarkan penggalian arkeologis, terkait adanya kota Kinneret. Apakah kota itu dinamai menurut nama danau atau danau yang dinamai menurut nama kota itu, masih belum jelas.



2. Danau Genesaret
Semua penulis Perjanjian Lama dan Baru menggunakan istilah "laut" (Ibrani yam), kecuali Lukas, yang menyebutnya "Danau Genesaret" (Lukas 5:1), dari bahasa Yunani (limne Gennesaret). Menurut Easton (1897), Genesaret untuk etimologi berbeda yang berarti "Bentuk Chinnereth yang dimuliakan".



3. Laut Ginosar
Dalam Talmud Babilonia dan Flavius Josephus, menyebutkan laut dengan nama Laut Ginosar sesuai dataran subur kecil Ginosar yang terletak di sisi baratnya. Ginosar juga nama lain yang berasal dari Kinneret.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)