4 Hewan yang Digunakan untuk Pengobatan, Nomor 2 Spesies Beracun

Kamis, 07 Juli 2022 - 16:32 WIB
loading...
A A A


3. Kulit Ikan untuk Luka Bakar
4 Hewan yang Digunakan untuk Pengobatan, Nomor 2 Spesies Beracun


Kulit binatang telah lama digunakan dalam pengobatan luka bakar di seluruh dunia, tetapi di Brasil tiga bank pengobatan kulit mereka hanya memenuhi satu persen dari permintaan nasional. Untuk mengatasi masalah ini, seorang dokter di kota tepi laut Fortaleza sedang menguji coba penggunaan kulit ikan untuk mengobati luka bakar.

Studi terhadap kulit ikan nila mengungkapkan mengandung kolagen tinggi dan memiliki kadar air yang mirip dengan kulit manusia. Strip kulit yang disterilkan diterapkan pada luka bakar tingkat dua dan tiga dan, tidak seperti perban kasa, benar-benar tetap terpasang. Perawatan dengan ikan nila telah mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan luka.



4. Belatung untuk Membersihkan Luka
4 Hewan yang Digunakan untuk Pengobatan, Nomor 2 Spesies Beracun


Mungkin ini terdengan menjijikan. Penggunaan belatung yang disengaja pertama kali untuk membersihkan luka diperkirakan terjadi ketika ahli bedah tentara Konfederasi JF Zacharias menerapkannya selama Perang Saudara Amerika.

Belatung, yang berasal dari telur lalat, memakan jaringan yang terinfeksi, dan dalam prosesnya membersihkan luka dengan air liur antibakteri mereka. Proses ini juga membantu dengan mempercepat pertumbuhan jaringan baru.

Untungnya, belatung akan rontok ketika mereka selesai makan dan membersihkan luka. Larva lalat domba digunakan untuk mengobati ulkus diabetes, luka baring dan luka gangren dan merupakan alternatif yang berguna untuk antibiotik.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5059 seconds (0.1#10.140)