Jum'at, 08 Juli 2022 - 15:23 WIB
Terungkap Alasan Dinosaurus T-Rex Punya Tangan Pendek
Dinosaurus T-Rex memiliki lengan yang sangat pendek jika dibandingkan anggota tubuh lainnya. Foto/IST
JAKARTA - Sekelompok ilmuwan dari Argentina berhasil menemukan jawaban mengapa predator tertinggi di era jurassic, dinosaurus T-Rex, memiliki tangan pendek. Di masanya, tangan yang dimiliki T-Rex memang kontras dengan bagian tubuh predator yang punya nama lengkap Tyrannosaurus rex itu.

Normalnya T-Rex memiliki tubuh yang sangat besar dengan panjang 14 meter dan tinggi 4 meter. Kepalanya juga sangat besar seimbang dengan gigi-gigi tajam berukuran raksasa. Hanya saja bagian tangannya justru sangat kecil.

Dalam laporan di jurnal Current Biology, para ilmuwan Argentina itu menemukan fosil T-Rex yang ternyata bisa mengarah pada jawaban mengapa T-Rex memiliki tangan pendek. Fosil yang dinamakan Meraxes gigas itu ditemukan di Patagonia Utara, Argentina.

Terungkap Alasan Dinosaurus T-Rex Punya Tangan Pendek

Tubuh Meraxes gigas juga tidak jauh berbeda dengan T-Rex yang ada. BBC menyebutkan dari fosil yang ditemukan panjangnya mencapai 11 meter, dengan tengkorak sepanjang 1,2 meter. Namun seperti T-Rex pada umumnya, fosil itu memiliki tangan yang sangat pendek yakni 50 centimeter.

Para ilmuwan percaya anggota badan kecil memberi keuntungan kelangsungan hidup karnivora. "Saya yakin bahwa lengan kecil yang proporsional itu memiliki semacam fungsi. Kerangka menunjukkan penyisipan otot besar dan korset dada yang berkembang penuh, sehingga lengan memiliki otot yang kuat," kata Juan Canale, penulis utama studi tersebut.

Terungkap Alasan Dinosaurus T-Rex Punya Tangan Pendek

"Mereka mungkin menggunakan lengan untuk perilaku reproduksi seperti memegang betina saat kawin atau menopang diri mereka sendiri untuk berdiri kembali setelah istirahat atau jatuh," tambahnya.

Sementara Peter Makovicky dari University of Minnesota mengatakan ukuran yang dimiliki fosil T-Rex itu memang sangat aneh. Bahkan secara harfiah setengah panjang tengkorak dan hewan itu tidak akan bisa mencapai mulutnya.

Dia mengatakan kepala besar T-Rex itu adalah alat pemangsa utama. Kepala itu justru mengambil fungsi yang justru dimiliki lengan pada spesies yang lebih kecil.