Jum'at, 15 Juli 2022 - 09:02 WIB
Komparasi Teleskop Angkasa Hubble vs James Webb, Hasilnya Beda Banget!
Perbandingan foto yang diambil teleskop Hubble dan teleskop James Webb saat memotret benda-benda angkasa. Foto: dok NASA
AMERIKA - NASA akhirnya merilis hasil foto dari Teleskop Angkasa James Webb (James Webb Space Telescope/JWST) yang menghabiskan biaya hingga USD10 miliar itu. Teknologinya baru dan canggih, lensanya juga jauh lebih besar.

Banyak yang penasaran, seberapa besar beda hasil kualitas gambarnya antara JWST dengan teleskop Hubble yang sudah digunakan NASA sejak 30 tahun terakhir.

Hubble sendiri merupakan teleskop angkasa yang memang sudah uzur usianya. Sebab, sudah diluncurkan sejak 1990. Selanjutnya, Hubble sudah mengabadikan berbagai gambar galaksi, nebula, planet, dan bintang.

Namun, JWST benar-benar berada di kelas yang berbeda dibandingkan Hubble. Bisa dilihat dari deretan foto bagaimana JWST bisa merekam foto benda-benda luar angkasa dengan jauh lebih detail dan tajam.

Foto pertama yang menarik dibandingkan adalah foto Nebula Cincin Selatan, yang juga dikenal sebagai nebula “Delapan Semburan”.

Nebula sendiri merupakan salah satu fenomena ruang angkasa yang sangat indah. Nebula dalam kata latin “awan”, terbentuk dari gas hidrogen, helium dan plasma yang kerap dikenal sebagai tempat lahirnya bintang.

Diameter sebuah Nebula sekitar setengah tahun cahaya, dan terletak 2.000 tahun cahaya dari bumi. Ini adalah Nebula yang ditangkap oleh teleskop Hubble:

Komparasi Teleskop Angkasa Hubble vs James Webb, Hasilnya Beda Banget!

Ini adalah Nebula yang direkam oleh teleskop JWST:
Komparasi Teleskop Angkasa Hubble vs James Webb, Hasilnya Beda Banget!

Foto Nebula hasil jepretan Hubble sebenarnya sudah memukau. Namun tetap berbeda jika dibandingkan dengan foto Nebula JWST yang jauh lebih detail.
”Gambar ini sangat indah, sangat sulit digambarkan dengan kata-kata,” beber Amber Straughn, Deputy Project Scientist JWST di NASA.